Pengaruh model pembelajaran connecting organizing reflecting extending berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis materi ekosistem :Penelitian quasi eksperimental pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Cibitung Kabupaten Bekasi

Hanifah, Lulu (2022) Pengaruh model pembelajaran connecting organizing reflecting extending berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis materi ekosistem :Penelitian quasi eksperimental pada peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Cibitung Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena capaian kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, sehingga guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik. Solusi yang diberikan salah satunya model pembelajaran tepat yaitu CORE yang mampu mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbantu mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental, desain berbentuk Pre Test-Post Test Control Group Design. Instrumen yang digunakan berupa soal dengan indikator kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil uji statistik dengan uji Mann Whitney Sig.0,000 < 0,05 hipotesis diterima, keterlaksanaan aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo diperoleh nilai persentase 98% dan 87% dengan kategori sangat baik, peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model CORE berbantu mind mapping mindomo diperoleh nilai N-gain 0,69 kategori sedang, respon siswa terhadap pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo materi ekosistem kategori kuat persentase 78%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berbantu mind mapping mindomo berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model CORE; Mind Mapping Mindomo; kemampuan berpikir kritis; Ekosistem
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Lulu Hanifah
Date Deposited: 20 Sep 2022 01:41
Last Modified: 20 Sep 2022 01:41
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57314

Actions (login required)

View Item View Item