Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas pendistribusian sedekah: Studi deskriptif di lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kota Bogor

Khaerani, Aulia Nisa (2022) Implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas pendistribusian sedekah: Studi deskriptif di lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Pada masa kini manajemen sumber daya manusia menjadi persoalan yang memerlukan perhatian, sebab sumber daya manusia merupakan aset terpenting bagi sebuah lembaga untuk mengefektifkan kegiatan-kegiatan yang dijalankan. Lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) hanya memiliki sedikit staff dan memerlukan sumber daya manusia yang lebih untuk mendistribusikan program ke masyarakat. Maka posisi relawan bagi ACT begitu strategis sebagai sumber daya manusia yang akan mengefektifkan pendistribusian program. Pentingnya pengetahuan mengenai manajemen sumber daya manusia perlu disadari oleh setiap individu, dengan demikian penelitian ini akan menjelaskan proses rekruitmen dan penempatan, pelatihan, dan evaluasi sumber daya relawan dalam meningkatkan efektivitas pendistribusian sedekah di lembaga filantropi ACT Cabang Kota Bogor. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun landasan teori yang digunakan adalah teori manajemen sumber daya manusia dalam proses rekruitmen dan penempatan, pengembangan atau pelatihan, serta pengevaluasian sumber daya manusia dalam mencapai tujuan lembaga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses rekruitmen dan penempatan ACT Cabang Bogor diawali menetapkan tujuan jangka pendek dengan memberikan benefit kepada relawan berupa pengalaman melalui program yang mereka operasikan, sedangkan tujuan jangka panjang dengan mengubah relawan yang tadinya mustahik menjadi muzakki, untuk penempatan kerja relawan di ACT Cabang Bogor ini disesuaikan dengan tempat tinggalnya dan cluster yang mereka pilih, serta memiliki kemampuan mobilitas yang tinggi. Pengembangan atau pelatihan relawan ACT Cabang Bogor yang memerlukan keahlian khusus belum terlaksana karena masih memperbaiki kepengurusan inti MRI. Evaluasi sumber daya manusia yang dilaksanakan oleh ACT Cabang Bogor yaitu melakukan evaluasi jadwal relawan, kebutuhan atau keinginan relawan, sasaran dan target program, serta menjaga nilai-nilai indepedensi lembaga. Dengan demikian implementasi manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas pendistribusian sedekah di lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Kota Bogor ini sudah cukup baik, namun pada pelatihan relawan yang memerlukan keahlian khusus belum terlaksana karena sedang adanya perbaikan kepengurusan inti MRI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Relawan; ACT
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Shadaqah, Sedekah
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Aulia Nisa Khaerani
Date Deposited: 20 Sep 2022 02:07
Last Modified: 20 Sep 2022 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57311

Actions (login required)

View Item View Item