Pengaruh pembiayaan Murabahah terhadap Profitabilitas (ROA) sebelum dan sesudah pandemi covid-19 PT. Bank Syariah Indonesia KC Buah Batu Dua Bandung

Afifah, Ayu (2022) Pengaruh pembiayaan Murabahah terhadap Profitabilitas (ROA) sebelum dan sesudah pandemi covid-19 PT. Bank Syariah Indonesia KC Buah Batu Dua Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstark.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Penyakit corona virus 2019 melanda dunia dan Indonesia, sehingga pandemic covid-19 berdampak pada penurunan kinerja perusahaan dan keuangan. Bank adalah lembaga keuangan yang melakukan dua fungsi utama, yaitu menghimpun dana (funding) dan menyalurkannya dana(pembiayaan), sehingga pembiayaan tersebut menghasilkan profitabilitas bank (ROA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingakat pembiayaan murabahah sebelum dan sesudah pandemic covid-19, untuk mengetahui tingkat profitabilitas bank (ROA) sebelum dan sesudah pandemic covid-19, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembiayaan murabahah terhadap profitabilitas sebelum dan sesudah pandemic covid-19 Bank Syariah Indonesia Kc Buah Batu Dua Bandung. Pembiayaan murabahah adalah sebagai suatu perjanjian jual beli antara harga dan keuntungan diketahui oleh bank dan nasabah. Sedangkan profitabilitas (ROA)menandakan kemampuan manajemen suatu perusahaan semakin optimal dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Deskriptif Kuantitatif yang menggunakan Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesisi (uji t). Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder yang didapat dari hasil laporan keuangan data PT Bank Syariah Indonesia Kc Buah Batu Dua Bandung. Hasil penelitian: 1) perkembangan pembiayaan murabahah sebelum pandemic covid-19 mengalami naik turun, yang diakibatkan margin yang tawarkan relative tinggi, plafonnya kecil dan pesaingannya banyak. 2) perkembangan pembiayaan murabahah sesudah pandemic covid-19 mengalami penurunan begitu fluktuatif, diakibatkan adanya wabah pandemic covid-19 ini sehingga segmentasi pasar pembiayaan murabahah menurun. 3) perkembangan profitabilitas ROA, kenaiakan ROA terdapat pada triwulan II 2017 ke triwulan II 2018, 4) profitabilitas ROA bank sesudah pandemic covid-19 lebih mengalami penurunan, penurunan yang paling tinggi terjadi pada triwulan I 2020 ke triwulan I 2021 sebesar -0.28%. 5) Pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank sebelum pandemic covid-19 berdasarkan uji t hitung -2.992 > t tabel 1.746, nilai signifikansi 0.010 < 0.05, nilai koefisiennya 39% sisanya 61% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk variabel penelitian. Sedangkan pengaruh pembiayaan murabahah tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank sesudah pandemic covid-19 berdasarkan uji t hitung 0.745 < t tabel 1.86, nilai signifikansi 0.495 > 0.05, nilai koefisien 0.81% sisanya 99,19% oleh variabel lain yang tidak dijelaskan variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19; Pembiayaan Murabahah; Profitabilitas
Subjects: Econmics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Ecology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ayu Afifah
Date Deposited: 19 Sep 2022 08:06
Last Modified: 19 Sep 2022 08:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57309

Actions (login required)

View Item View Item