Metode bimbingan agama untuk meningkatkan akhlak karimah remaja Broken Home : Penelitian terhadap Forum Komunikasi Peduli Anak Sukajadi Bandung

Azkiya, Ifqa Adlhiyani Nur (2022) Metode bimbingan agama untuk meningkatkan akhlak karimah remaja Broken Home : Penelitian terhadap Forum Komunikasi Peduli Anak Sukajadi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena maraknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja broken home terutama di dalam Forum Komunikasi Peduli Anak, ada sekita 7 remaja broken home, 3 diantaranya memiliki perilaku yang baik sesuai dengan norma-norma yang ada, sedangkan 4 diantaranya melakukan penyimpangan sosial seperti mengkonsumsi narkotika, meminum-minuman keras, melakukan seks bebas, dan yang lainnya. Penyimpangan perilaku tersebut perlu pembenahan dan perbaikan, antara lain dilakukannya bimbingan agama yang intensiv terhadap remaja Broken Home. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan, ialah (1) Untuk mengetahui kondisi awal akhlak remaja broken home di FKPA; (2) Untuk mengetahui metode bimbingan agama yang efektif untuk menginternalisasikan akhlak karimah seorang remaja yang broken home; (3) Untuk mengetahui hasil dari penelitian metode bimbingan agama untuk meningkatkan akhlak karimah remaja broken home; Dan menerapkan nilai-nilai keagamaan baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, sekolah, maupun masyarakat pada umumnya. Teori efektifitas bimbingan agama menurut Zaini Dahlan (2020; 63) dilakukan dengan cara melakukan dialog antara pembina dan remaja binaan, yang baik juga manusiawi. Dalam rangka membuka hati dan pikiran remaja binaan akan ayat-ayat Allah SWT., sehingga muncul pemahaman, penghayatan, keyakinan akan kebenaran dan kebaikan syari’at Islam dan mau menjalankannya. Metode bimbingan agama yang dilakukan pada FKPA ialah, metode tatap muka dengan melakukan ceramah, berdiskusi, bahkan jika memungkinkan akan dilakukannya bedah ayat sesuai dengan permasalahan yang sering terjadi, seperti ayat tentang berzina. Metode media online, metode ini dilakukan jika remaja binaan berhalangan hadir atau kurang menyukai bertatapan langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi dan wawancara kepada pembina, dan beberapa remaja binaan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, Kondisi akhlak remaja broken home yang rusak banyak terlibat perilaku yang menyimpang. Kedua, Metode bimbingan agama yang efektif meliputi: 1) Berdiskusi; 2) Bedah ayat, dan 3) Nasihat. Hasil dari penelitian tersebut dapat menimbulkan perubahan akhlak remaja menjadi lebih baik dalam berbagai aspek setelah adanya bimbingan agama, mulai dari kehidupan pribadi, sosial dan juga keagamaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Meningkatkan Akhlak Karimah; Remaja Broken Home
Subjects: Conscious Mental Process and Intelligence
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ifqa Adlhiyani Nur Azkiya
Date Deposited: 19 Sep 2022 05:53
Last Modified: 19 Sep 2022 05:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57305

Actions (login required)

View Item View Item