Pengaruh produk Jurnalisme pemerintah pada portal berita Bekasikab.go.id terhadap pandangan kredibilitas berita di kalangan mahasiswa : Studi survey pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa angkatan 2018

Asmaaysi, Alifian (2022) Pengaruh produk Jurnalisme pemerintah pada portal berita Bekasikab.go.id terhadap pandangan kredibilitas berita di kalangan mahasiswa : Studi survey pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa angkatan 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Atas kesadaran akan mengimbangi percepatan kebutuhan informasi yang dikenal sebagai revolusi komunikasi digital, lahirlah istilah media massa sebagai bentuk efektifitas pertukaran informasi. Ditengah praktiknya, media massa juga berkembang dengan sangat pesat, hal ini ditandai dengan lahirnya istilah media baru (new media) yang telah digunakan sejak tahun 1960. Era keterbukaan informasi dalam praktik perkembangan media baru menuntut berbagai instansi untuk menyediakan informasi secara cepat dan akurat, tak terkecuali instansi pemerintah, yang dalam penelitian ini adalah Newsroom Diskominfosantik Kabupaten Bekasi yang menggerakkan media online dalam portal berita Bekasikab.go.id. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh produk jurnalisme pemerintah (X) terhadap pandangan kredibilitas berita (Y) dikalangan mahasiswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat numerik dan menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode survey terhadap 67 sampel yang telah memenuhi kriteria populasi sebelumnya. Kerangka penelitian ini disandarkan pada teori stimulus-organism-respons (SOR), dimana produk jurnalisme sebagai stimulus, mahasiswa Universitas Pelita Bangsa sebagai organisme, dan pandangan kredibilitas berita sebagai response. Hasil penelitian membuktikan tingkat korelasi antara produk jurnalisme pemerintah (X) yang diukur dalam aspek independensi, proporsionalitas, dan loyalitas memiliki tingkat pengaruh yang cukup signifikan terhadap pandangan kredibilitas berita (Y). Maknanya, komposisi elemen jurnalisme membawa pengaruh yang cukup besar bagi pandangan kredibilitas berita di kalangan mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Pemerintah; Jurnalisme Online; Elemen Jurnalisme; Kredibilitas Berita
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Alifian Asmaaysi
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:37
Last Modified: 19 Sep 2022 04:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57288

Actions (login required)

View Item View Item