Pengembangan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang

Arofi, Melly (2022) Pengembangan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris karena sebagian penduduknya berdomisili di daerah pedesaan. Indeks kemakmuran masyarakat Indonesia adalah dengan melaksanakan dan mewujudkan pembangunan desa secara mandiri. Pembangunan desa merupakan tumpuan dari pembangunan Nasional, hal ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh semua komponen bangsa yang bertujuan untuk mewujudkan kemakmuran dan kemajuan suatu negara. Pembangunan Nasional berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dari sector ekonomi sehingga desa menjadi sentral pengembangan ekonomi dan sektor awal perputaran kegiatan perekonomian negara. Didirikannya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya pengembangan ekonomi yang terencana untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat dengan cara menghimpun dan melembagakan kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mampu memobilisasi perekonomian di pedesaan. Adapun tujuan yang diambil dalam penelitian ini agar mengetahui bagaimana proses pengembangan ekonomi masyaakat melalui BUMDes di Desa Bangbayang Kecamatan Situraja Kabupaten Sumedang, dengan berbagai unit usaha yang telah dibentuk berdasarkan prakarsa masyarakat Desa Bangbayang demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.Landasan pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan Jim Ife (1995) yaitu memberikan sumber daya, pengetahuan, kesempatan dan keterampilan kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka sehingga dapat mempengaruhi kehidupannya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana prosesnya mampu menghasilkan informasi atau data secara deskriptif yang meliputi kata-kata yang tertulis maupun tidak tertulis dari narasumber dan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pengembangan ekonomi masyarakat dimulai dari dibentuknya unit usaha seperti BUMDESmart, BUMDes Simpan Pinjam, BUMDes Wisata dan Produk Unggulan dan partisipasi masyarakat terhadap program yang dilakukan oleh BUMDes sehingga masyarakat Desa Bangbayang bisa berdaya dan mandiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pengembangan; ekonomi; BUMDes:
Subjects: Communities
Communities > Villages
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Melly Arofi
Date Deposited: 21 Sep 2022 08:32
Last Modified: 21 Sep 2022 08:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57208

Actions (login required)

View Item View Item