Strategi pendistribusian zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan Mustahik : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor

Fatmawati, Siti (2022) Strategi pendistribusian zakat produktif dalam meningkatkan kesejahteraan Mustahik : Studi deskriptif di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
COVER.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI (1).pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (4_BAB I)
BAB I.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (5_BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (6_BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (7_BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (8_DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu problem sosial yang tidak ada henti-hentinya diperbincangkan oleh khalayak ramai adalah bagaimana strategi yang tepat dan harus segera direalisasikan dalam menanggulangi masalah kesenjangan sosial. Sebagai sebuah organisasi non-struktural yang mandiri, BAZNAS Kota Bogor berperan mengelola zakat dalam hal pengumpulan, pendayagunaan dan pendistribusian. Sesuai fungsinya, BAZNAS Kota Bogor menghimpun zakat, infaq, shoadqoh, dan dana sosial lainnya untuk dimanfaatkan atau di distribusiakan demi kesejahteraan masyarakat khususnya untuk mustahik dan penanggulangan kemiskinan di Kota Bogor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pendistribusian zakat produktif yang terdiri dari formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi dalam pendistribusian zakat produktif. Teori yang dipilih dalam penelitian ini adalah teori strategi menurut Fred R David yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: formulasi strategi, implementasi strategi, dan evaluasi strategi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptf dengan tujuan untuk memaparkan serta menggambarkan secara menyeluruh, luas juga mendalam dengan melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam pengumpulan data hasil dari observasi kemudain direduksi data, lalu ditafsirkan dan digabungkan untuk kemudian di analisis dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen strategi yang terdapat pada pendisrtibusian zakat produktif di Baznas Kota Bogor terdapat tiga proses yaitu formulasi strategi berupa pengembangan visi dan misi yang disertai dengan analisis lingkungan baik secara internal ataupun secara eksternal, lalu penetapan tujuan dan strategi juga penetapan kebijakan. Selanjutnya mengimplementasikan dalam bentuk program seperti, bantuan UMKM, bantuan berbasis majlis ta’lim, Z-chick . program tersebut bisa berjalan dengan baik di bantu dengan anggaran dan beberapa prosedur pendistribusian yang ditetapkan oleh Baznas Kota Bogor untuk memperlancar jalannya program. Kemudian setelah semuanya tersalurkan adanya pengevaluasian berbentuk laporan perkembangan dari penerima manfaat, dan setiap satu bulan sekali minimal divisi pendayagunaan dan pendistribusian melakukan kunjungan kepada mustahik. Ketiga tahapan ini telah berjalan dengan berhasil sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Fred R David. Oleh karena ini, sampai saat ini pendistribusian zakat produktif telah memberikan peran dan kontribusi yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan mustahik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pendistribusian; Zakat Produktif; Kesejahteraan Mustakhik
Subjects: General Management > Internal Organizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Fatmawati
Date Deposited: 20 Sep 2022 03:23
Last Modified: 20 Sep 2022 03:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57205

Actions (login required)

View Item View Item