Pengaruh pemberian Mikroorganisme Lokal (MOL) Rebung Bambu (Bambuseae) dan Mulsa Jerami Padi (Oryza Sativa) terhadap pertumbuhan dan hasil Kacang Tanah ( Arachis Hypogaea L.) var. Takar 2

Fadilla, Helma Noer (2022) Pengaruh pemberian Mikroorganisme Lokal (MOL) Rebung Bambu (Bambuseae) dan Mulsa Jerami Padi (Oryza Sativa) terhadap pertumbuhan dan hasil Kacang Tanah ( Arachis Hypogaea L.) var. Takar 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Menurut Badan Pusat Statistik, produksi kacang tanah di Indonesia cenderung fluktuatif antara tahun 2017-2019, namun produktivitas kacang tanah yang cenderung fluktuatif tersebut menyebabkan kebutuhan kacang tanah dalam negeri masih belum terpenuhi, Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan produksi kacang tanah disebabkan oleh beberapa hal yaitu penggunaan pupuk hayati dan organik masih rendah, guna menunjang peningkatan produksi kacang tanah perlu sebuah inovasi budidaya, salah satunya dengan dengan menggunakan MOL rebung bambu dan mulsa jerami padi. Penelitiaan ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian mikroorganisme local (MOL) rebung bambu dan mulsa jerami padi terhadap pertumbuhan daan hasil kacang tanh (Arachis hypogaea var. Takar 2). Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Agustus 2022 di Desa Penganjang, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah MOL rebung bambu dengan 3 taraf yaitu r0 = tanpa MOL rebung bambu, r1 = 92 ml 1-1 dan r2 = 46 ml 1-1, ml. Faktor kedua adalah mulsa jerami padi dengan 4 taraf yaitu m0 = tanpa mulsa jerami, m1 = 3 t ha-1 , m2 = 6 t ha-1 dan m3 = 9 t ha-1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi antara perlakuan MOL rebung bambu dan mulsa jerami padi pada pertumbuhan dan hasil kacang tanah terhadap tinggi tanaman, luas daun, berat kering brangkasan, nisbah pupus akar, jumlah polong, dan bobot biji pertanaman.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kacang tanah; MOL rebung bambu; Mulsa jerami padi
Subjects: Production, Industrial Economics
Technology of Other Organic Products
Depositing User: Azlina Fitriani
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:36
Last Modified: 19 Sep 2022 01:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57177

Actions (login required)

View Item View Item