Pemberdayaan masyarakat melalui event program kreatif: Studi desktiptif di Rumah Belajar Teras Aksara Mustika Jaya Kota Bekasi

Herawati, Melinda (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui event program kreatif: Studi desktiptif di Rumah Belajar Teras Aksara Mustika Jaya Kota Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pemanfaatan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan pendidikan yang inklusif dan berkualitas bagi seluruh masyarakat. Konsep yang diterapkan dengan melanjutkan pendidikan ke praktik membantu memberdayakan masyarakat. Sebagai salah satu lembaga informal yang beroperasi sebagai unit pelayanan, Rumah Belajar ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui Pembentukan program kreatif di Rumah Belajar ini bertujuan untuk menjadi lebih mandiri, memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa bahasa tulis, berupa gambar dan bukan angka. Selain itu, data yang dikumpulkan merupakan kunci dari apa yang telah diperoleh dan dipelajari. Teori yang digunakan adalah teori pemberdayaan yang diperkenalkan oleh Edi Suharto bahwa pemberdayaan merujuk pada kemampuan orang, khususnya kelompok yang rentan dan lemah sehingga mereka memiliki kekuatan atau kemampuan. Pada tingkat mikro, pemberdayaan masyarakat di Rumah Belajar Teras Aksara Mustikajaya bertujuan untuk melaksanakannya dengan menasehati dan membimbing siswa serta melatih mereka untuk bertanggung jawab atas kemajuan dan kemandirian mereka. di tingkat mezzo dalam kelompok ini bertujuan untuk memfasilitasi komunikasi antara guru atau pembimbing dengan peserta untuk bertukar pikiran saat melaksanakan acara program kreatif pemberdayaan masyarakat. Program kreatif di Rumah Belajar Aksara Teras Ciketing Mustika Jaya Aras Mezzo berdampak baik bagi pemberdayaan masyarakat. Terdapat kegiatan pelatihan keterampilan, pendidikan, sosial dan pengembangan diri yang dibimbing oleh pendidik untuk meningkatkan jiwa kreatif siswa. Pemberdayaan program kreatif di Rumah Belajar Aksara Teras Ciketing Mustika Jaya secara makro berpengaruh baik terhadap pemberdayaan masyarakat. Adapun didalamnya kegiatan fasilitator bertemu dengan orang tua dan wali siswa terkait menginformasikan informasi program pemberdayaan masyarakat kreatif. Kegiatan di dalamnya meliputi melatih daya pikir, mengamati dan belajar, lingkungan belajar, lingkungan sekitar, menciptakan pengalaman baru dan menciptakan kualitas dasar kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pendidikan Lembaga Non-Formal; Program Kreatif; Pemberdayaan Pendidikan; Rumah Belajar
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Melinda Herawati
Date Deposited: 19 Sep 2022 00:48
Last Modified: 19 Sep 2022 00:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57125

Actions (login required)

View Item View Item