Analisis etika bisnis Islam di PT. Yukbisnis Indonesia : Studi kasus PT. Yukbisnis Indonesia Kab. Bandung Barat, Kota Baru Parahyangan

Handayani, Meli Pitri (2022) Analisis etika bisnis Islam di PT. Yukbisnis Indonesia : Studi kasus PT. Yukbisnis Indonesia Kab. Bandung Barat, Kota Baru Parahyangan. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_Bab 1.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran merupakan kegiatan utama bagi sebuah perusahaan atau sebuah bisnis, untuk mencapai target pasar yang seuai, sehingga perusahaan atau pembisnis bisa menjual produknya dengan maksimal kepada masyarakat dan menghasilkan keutungan yang maksimal. Namun strategi pemasaran memiliki hal-hal yang tidak di anjurkan oleh Al-Qur’an, maka sebuah perusahaan atau seseorang pembisnis sangat penting untuk memperhatikan Etika Bisnis Islam terhadap setiap aktivitas bisnisnya. Karena Etika Bisnis Islam merupakan acuan tentang seperangkat nilai baik dan buruknya, sesuai dengan prinsip-prinsip Bisnis Islam. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran PT. Yukbisnis Indonesia, mulai dari menentukan harga sampai cara mempromosikan produk yang di analisis dalam etika bisnis Islam. Konsep dan teori pada penelitian ini terbagi kebeberapa konsep bisnis, yaitu strategi pemasaran yang di dalamnya berisikan unsur strategi pemasaran yaitu unsur (STP) segmentation, targeting, positioning dan unsur taktik pemasaran yaitu diferensiasi dan marketing mix dan etika pemasaran dalam Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, jenis dan sumber datanya yaitu primer dan skunder, tekhnik pengumpulan datanya observasi berperan serta dan wawancara sedangkan tekhnik analisis datanya yaitu reduksi data dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Strategi pemasaran ini menggunakan 2 cara yaitu unsur strategi (STP), Segmentasi, Targeting, Positioning dan yang kedua yaitu taktik pemasaran yaitu diferensiasi dan marketing mix. Penerapan strategi pemasara dalam Etika Bisnis Islam terhadap pemasaran PT. Yukbisnis yaitu: Kesatuan (Unity) yaitu memberikan sikap ramah kepada konsumen dan telaten ketika membantu konsumen/merchant ketika mengalami kesulitan dalam menggunakan produk jasa Yukbisnis. Keseimbangan (equiblirium), karyawan Yukbisnsi memiliki sikap jujur ketika menawarkan produk-produk yukbisnis. Kehendak bebas (free well) meskipun dalam berbisnis itu memiliki kebebasan untuk mempromosikan produk dan mendapatkan konsumen yukbisnis menjauhi hal-hal yang di larang salah satunya menjelek-jelekan produk yang lain dan eksploitas wanita, menggunakan konten-konten keindahan wanita untuk mendapatkan viwers yang banyak. Prinsip tanggung jawab (responsibility) Yukbisnis akan menggantikan dengan produk yang baru ketika ada yang cacat di produknya. Prinsip kebenaran (equblirium).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Etika Bisnis Islam
Subjects: Islam > Islam and Economics
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
General Management > Marketing, Management of Distribution
General Management > Data Processing and Analysis of Marketing
General Management > Education an, of Marketing
General Management > Market Research, Market Analysis
General Management > Market Research in Indonesia
General Management > Marketing Distribution
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Meli Pitri Handayani
Date Deposited: 06 Oct 2022 02:14
Last Modified: 06 Oct 2022 02:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57124

Actions (login required)

View Item View Item