Pemberdayaan melalui Tamrinatu’dakwah dalam meningkatkan sumber daya manusia pada generasi muda: Studi deskrptif pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Amri Dusun Kawungluwuk, Desa Linggamanik, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut

Sumiati, Ai (2022) Pemberdayaan melalui Tamrinatu’dakwah dalam meningkatkan sumber daya manusia pada generasi muda: Studi deskrptif pada Yayasan Pondok Pesantren Al-Amri Dusun Kawungluwuk, Desa Linggamanik, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (604kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy

Abstract

Generasi muda yang terdapat di Dusun Kawungluwuk, Desa Linggamanik, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut yang melimpah namun kualitas sumber daya manusia yang masih kurang diberdayakan, berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat, generasi muda banyak yang tidak menempuh pendidikan, dampaknya remaja berperilaku tidak sopan, tutur kata yang kasar, pergaulan bebas, mencuri dan kenakalan remaja lainnya. Bahkan beberapa tahun terakhir ditemukan kasus remaja hamil di luar nikah dan pencurian uang di rumah warga. Kemudian dilakukan suatu upaya pemberdayaan generasi muda berbasis dakwah yang di lakukan oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Amri. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui program tamrinatu’dakwah dalam pemberdayaan SDM pada generasi muda, kemudian untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan SDM pada generasi muda, serta untuk mengetahui dampak pemberdayaan generasi muda oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Amri di Dusun Kawungluwuk. Penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran dikemukakan oleh Suharto tentang tiga aras pemberdayaan, tiga aras pemberdayaan tersebut yaitu aras mikro, aras mezzo, dan aras makro. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan aras mezzo dimana strategi pemberdayaan di lakukan terhadap sekelompok orang dengan adanya pendidikan, pelatihan dan dinamika kelompok. Metode penelitian yang di gunakan adalah kualitatif jenis data berupa deskriptif naratif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan paradigma fenomenologis. Hasil penelitian yaitu pemberdayaan generasi muda oleh Yayasan Pondok Pesantren Al-Amri dapat meningkatkan SDM generasi muda melalui program-program pemberdayaan berupa pembelajaran dan pelatihan berbasis dakwah, perubahan yang dapat terlihat dari generasi muda yaitu sikap lebih baik dan potensi-potensi mulai terlihat dan berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Generasi muda; Sumber daya manusia; Dakwah.
Subjects: Islam Umum
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ai Sumiati
Date Deposited: 30 Sep 2022 09:23
Last Modified: 30 Sep 2022 09:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57059

Actions (login required)

View Item View Item