Analisis kemampuan kognitif mahasiswa pada konsep Gastrulasi menggunakan perangkat tes berdasarkan Taksonomi Anderson-Krathwohl

Dakhlan, Fasa Anugrah (2022) Analisis kemampuan kognitif mahasiswa pada konsep Gastrulasi menggunakan perangkat tes berdasarkan Taksonomi Anderson-Krathwohl. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy

Abstract

Gastrulasi merupakan materi yang cukup sulit untuk dimengerti oleh mahasiswa ketika proses pembelajaran berlangsung dikarenakan materi gastrulasi termasuk materi yang abstrak. Proses terjaidnya gastrulasi susah untuk dilihat secara kasat mata. Kemampuan untuk memahami materi abstrak berkaitan dengan kemampuan kognitif mahasiswa itu sendiri. Menurut Anderson dan Krathwohl kemampuan kognitif memiliki dua dimensi yaitu, dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif. Untuk membuat pembelajaran lebih efektif terhadap pemahaman mahasiswa, maka harus diketahui dulu sejauh mana kemampuan kognitif mahasiswa. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan kognitif mahasiswa pada dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif berdasarkan Taksonomi Anderson-Krathwoh. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif analisis. Dengan perangkat tes berdasarkan Taksonomi Anderson- Krathwohl sebagai pisau analisis. Berdasarkan analsisi hasil data dari penelitian, kemampuan kognitif mahasiswa pada dimensi pengetahuan yaitu aspek pengetahuan konseptual mayoritas berada pada kategori mampu sebagian dengan persentase 58%, aspek pengetahuan procedural mayoritas pada kategori mampu sebagian dengan persentase 48,7%, dan aspek pengetahuan metakognitif mayoritas pada kategori mampu sebagian dengan persentase 57,7%. Untuk dimensi proses kogntif pada aspek kognitif mengaplikasikan (C3) mayoritas berada pada kategori mampu dengan persentase 70%, aspek kognitif menganalsis (C4) mayoritas berada pada kategori mampu sebagian dengan persentase 68,6%, aspek kognitif mengevaluasi (C5) mayoritas pada kategori mampu dengan persentase 54,7%, dan aspek kognitif mencipta (C6) mayoritas pada kategori sebagian mampu dengan persentase 58,7%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gastrulasi;Analsis;Taksonomi Anderson-Krathwohl;Kemampuan Kognitif;Dimensi Pengetahuan;Dimensi Proses Kognif
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > General Aspects of Analysis
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fasa Anugrah Dakhlan
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:42
Last Modified: 16 Sep 2022 02:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57036

Actions (login required)

View Item View Item