Studi Historiografis karya MC RICKLEFS : Mengislamkan Jawa, sejarah Islamisasi di Jawa dan penentangnya dari 1930 sampai sekarang

Akbar, Afnan Nurul (2022) Studi Historiografis karya MC RICKLEFS : Mengislamkan Jawa, sejarah Islamisasi di Jawa dan penentangnya dari 1930 sampai sekarang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy

Abstract

Studi tentang Islamisasi di Jawa, telah melahirkan banyak persepsi. Para ilmuwan dan sejarawan dalam menstudi islam jawa, terobsesi oleh keanekaragaman budaya dan kultur. Menurut Kuntowijoyo, telaah Islam jawa terbagai kedalam tiga varian tematik. Pertama telah dari perspektif mitologi, kedua perspektif idiologis, ketiga perpektif empiris. Salah satu peneliti yang melakukan studi tentang Islam Jawa yakni, MC Ricklefs. MC Ricklefs merupakan salah satu sejarawan kontemporer asal Australia yang meneliti mengenai masyarakat Islam di Jawa. Salah satu karya beliau tentang sejarah Islamisasi di Jawa yakni yang berjudul “Mengislamkan Jawa: Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai Sekarang”. Buku terakhir Ricklefs tentang Islamisasi Jawa ini memiliki perbedaan dan keunggulan dibandingkan dengan buku yang ditulis oleh penulis-penulis Barat terdahulu. Berdasarkan uraian diatas, terdapat rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana riwayat hidup MC Ricklefs. Kedua, bagaimana historiografi buku “Mengislamkan Jawa: Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai Sekarang” karya M.C. Ricklefs. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui riwayat hidup Ricklefs sebagai seorang sejarawan, beserta karya-karya beliau yang pernah ia tulis dan penghargaan yang pernah diraih olehnya, dan juga untuk mengetahui historiografi buku “Mengislamkan Jawa: Sejarah Islamisasi di Jawa dan Penentangnya dari 1930 sampai Sekarang” karya M.C. Ricklefs. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis, suatu teknik analisis data dengan teknik analisis literasi. Berdasarkan penelitian, tema sentral dari buku ini mengenai bagaimana islamisasi yang terjadi dan bagaimana kehidupan antropologis (politik, religius, sosial, budaya) masyarakat Jawa dari tahun 1930-2013, corak dan metode penulisan yakni menggunakan pendekatan analisis kritis dan metode penelitian sejarah. Pendekatan penulisan menggunakan model kronologis-tematis. Metodologi penelitian yang dilakukan oleh MC Ricklefs pendekatan angle historis antropologis. Salah satu kelebihan dari buku ini penulis mampu menyuguhkan dan mengemas data historis yang jelas dan detail. Buku ini merupakan karya yang fenomenal dalam menelusuri bagaimana perkembangan Islam di pulau Jawa dan telah memberikan sumbangsih yang begitu besar dalam mengisi kekosongan sumber-sumber terkait kehidupan masyarakat Jawa dalam setiap periodesasi sejarah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Islamisasi Jawa; Masyarakat Jawa; Historiografi,
Subjects: Islam > Islam and Politics, Fundamentalism
Historical Treatment of Painting > Painting in Indonesia
Biography, Obituary > Men Biography
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: afnan nurul akbar
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:27
Last Modified: 19 Sep 2022 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/57011

Actions (login required)

View Item View Item