Efektivitas penerapan aplikasi sistem keuangan Desa dalam meningkatkan kualitas laporan leuangan : Studi kasus di Kantor Desa Samarang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut

Irawan, Panji (2022) Efektivitas penerapan aplikasi sistem keuangan Desa dalam meningkatkan kualitas laporan leuangan : Studi kasus di Kantor Desa Samarang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu aparatur desa dalam mengelola keuangan desa, menetapkan rancangan APBDes, meningkatkan efektivitas penyusunan laporan keuangan, meningkatkan kualitas laporan keuangan serta berbagai fungsi lainnya. Aplikasi sistem keuangan desa merupakan bentuk realisasi UU No. 6 Tentang Desa yang bertujuan untuk membantu desa untuk mengelola wilayahnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengukur tingkat Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan dengan studi kasus pada Kantor Desa Samarang Kecamatan Samarang Kabupaten Garut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan wawancara, observasi lapangan, dan studi dokumentasi merupakan salah satu bentuk upaya peneliti untuk mengumpulkan sumber informasi dan data yang diperlukan dalam penelitian. Sedangkan pengambilan sampel digunakan teknik Pusposive Sampling. Sedangkan teori yang digunakan yaitu teori efektivitas yang dicetusan oleh Richard M. Steers (1985) yang memiliki tiga indikator penting, yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi, dan Adaptasi sebagai tolak ukur untuk melihat tingkat keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan. Berdasarkan hasil penelitian, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) pertama kali diterapkan di Kantor Desa Samarang sekitar bulan Desember tahun 2018 dan sepenuhnya dijalankan pada tahun 2019. Penerapan aplikasi sistem keuangan desa di Kantor Desa Samarang sudah diterapkan dengan cukup baik. Hal tersebut dijelaskan melalui wawancara serta kuesioner yang telah dilakukan yang menjelaskan bahwa penerapan aplikasi dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan sudah memenuhi target yang ditentukan namun belum maksimal. Hal ini dikarenakan, dalam proses pengoperasian aplikasi tersebut masih terdapat kendala yang di alami oleh pihak operator selaku pengguna aplikasi sehingga proses penyusunan laporan keuangan masih dikategorikan belum efektif. Laporan keuangan yang dihasilkan aplikasi siskeudes belum bisa dipahami sepenuhnya dikarenakan tampilan laporan yang belum tertata rapi serta kurangnya sosialisasi mengenai aplikasi terkait menyebabkan penerapan aplikasi sistem keuangan desa dalam meningkatkan kualitas laporan keuangan masih belum optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Aplikasi Sistem Keuangan Desa; Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: Data Processing, Computer Science > Computer and Human
Data Processing, Computer Science > Systems Analysis and Computer Design
Public Finance > Public Finance of Specific Localities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Panji Irawan
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:55
Last Modified: 16 Sep 2022 02:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56998

Actions (login required)

View Item View Item