Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba bersih perusahaan : Studi di PT Panin Daichi Life Unit Syariah periode 2011-2021

Rahmah, Shelina Nurul (2022) Pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba bersih perusahaan : Studi di PT Panin Daichi Life Unit Syariah periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh laporan keuangan yang tidak sesuai dengan teori bahwa laba bersih perusahaan asuransi dipengaruhi oleh jumlah pendapatan premi perusahaan. selain itu, laba bersih juga dipengaruhi oleh hasil investasi perusahaan. Pada perusahaan PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, jumlah pendapatan premi dan hasil investasi perusahaan mengalami perkembangan yang fluktuatif setiap tahunnya sehingga data empiris tidak sesuai dengan teori yang ada. oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi terhadap laba bersih di PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pendapatan premi secara parsial terhadap laba bersih PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, menganalisis dan mengetahui pengaruh hasil investasi secara parsial terhadap laba bersih PT Panin-Daichi Life Unit Syariah, menganalisis dan mengetahui pengaruh pendapatan premi dan hasil investasi secara simultan terhadap laba bersih PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi pendapatan premi dan hasil investasi maka mencerminkan laba bersih juga akan meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif . Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT Panin-Daichi Life Unit Syariah. Metode Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, Analisis Asosiatif yang terdiri dari regresi sederhana dan berganda, korelasi sederhana dan berganda, koefisien determinasi dan Analisis uji hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa (1) secara parsial pendapatan premi tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan hasil uji t yaitu -0,210 < 2,262 (2) secara parsial hasil investasi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan hasil uji t yaitu 3,679 > 2,262. (3) secara simultan pendapatan premi dan hasil investasi berpengaruh signifikan terhadap laba bersih dengan hasil uji f 7,905 < 4,459 Pada PT Panin-Daichi Life Unit Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Premi; Hasil Investasi; Laba Bersih
Subjects: Financial Economics, Finance > Money
Financial Economics, Finance > Investment
Business > Statistic of Business
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Shelina Nurul Rahmah
Date Deposited: 16 Sep 2022 06:24
Last Modified: 16 Sep 2022 06:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56988

Actions (login required)

View Item View Item