Integrasi kurikulum umum dan kurikulum tahfizh : Penelitian di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK Islam Terpadu Daarul Abror Cibiuk Garut

Ahsan, Jamal (2022) Integrasi kurikulum umum dan kurikulum tahfizh : Penelitian di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK Islam Terpadu Daarul Abror Cibiuk Garut. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Banyak lembaga pendidikan yang lahir dengan konsep integrasi, namun belum tentu implementasinya sudah tepat sehingga tujuan integrasi kurikulum dapat tercapai secara maksimal. Untuk itu sangat diperlukan penguasaan ilmu manajemen dalam konsep intgerasi kurikulum. Beberapa keberhasilan Pesantren Tahfizul Qur’an SMK IT Daarul Abror Cibiuk Garut menurut penulis menjadi suatu hal yang menarik dan layak untuk dijadikan satu pembahasan, dan dijadikan contoh bagi lembaga pendidikan Islam lain yang ingin mengembangkan program Tahfidzul Qur’an dan mengintegrasikannya dengan kurikulum formal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganasilis bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan kendala yang dihadapi dalam integrasi kurikulum umum dan kurikulum Tahfidz di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror Cibiuk Garut). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non-partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang penulis dapatkan adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan Integrasi Kurikulum Umum dan Kurikulum Tahfidz di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror Cibiuk Garut dilaksanakan dengan perumusan visi bersama kemudian dirinci menjadi misi-misi, dan program-program kurikulum. Perencanaan integrasi kurikulum dengan visi dan misi ini menandakan bahwa kurilkulum di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror Cibiuk Garut benar-benar terintegrasi. 2) Pengorganisasian Integrasi Kurikulum Umum dan Kurikulum Tahfidz di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror terletak pada penyandingan dalam bidang mata pelajaran yang sama, yaitu kelompok muatan lokal kepesantrenan. Organisasi kurikulum ini dapat dimasukkan pada bentuk fragmented model, yaitu integrasi yang secara tegas memisahkan mata pelajaran sebagai entitas dirinya sendiri. 3) Pelaksanaan integrasi kurikulum umum dan kurikulum Tahfidz di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror Cibiuk Garut berjalan sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh tim dari manajemen dan tim bidang kurikulum, keduanya berjalan pada jam masing-masing sesuai peruntukannya, yakni kurikulum umum dilaksanakan pada jam formal dan kurikulum Tahfidz dilaksanakan pada jam kepesantrenan 4) Pengawasan Integrasi Kurikulum Umum dan Kurikulum Tahfidz di Pesantren Tahfidzul Qur’an SMK IT Daarul Abror dilakukan dengan cara: melakukan evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. 5) Kendala yang dialami dalam Integrasi Kurikulum umum dan kurikulum Tahfidz adalah waktu yang dimiliki santri sangat terbatas, hingga ada santri yang merasa kesulitan dengan padatnya jadwal pelajaran dan kegiatan yang harus mereka tempuh dan mereka lalui.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: integrasi; kurikulum; manajemen pendidikan islam; tahfidz
Subjects: Curricula > Curriculum Development
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jamal ahsan
Date Deposited: 21 Sep 2022 05:43
Last Modified: 21 Sep 2022 05:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56938

Actions (login required)

View Item View Item