Pengajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Daring di SMPN 5 Bandung : Penelitian terhadap Guru PAI SMP Negeri 5 Bandung

Putri, Adira Dzulhijjiana (2022) Pengajaran Pendidikan Agama Islam melalui media Daring di SMPN 5 Bandung : Penelitian terhadap Guru PAI SMP Negeri 5 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran bisa dikatakan sebagai proses interaksi antara guru, siswa beserta sumber belajar. Efektifitas pembelajaran sangat tergantung kepada tiga komponen tersebut. Pembelajaran yaitu interaksi antara guru dengan siswa dimana seorang guru ditugaskan untuk mengajar serta seorang siswa ditugaskan untuk belajar. Pada saat ini dunia termasuk Indonesia tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung di sekolah dikarenakan untuk memutus rantai penyebaran Corona Virus Diseases 2019 atau Covid-19. Covid-19 adalah suatu jenis penyakit yang baru saja ditemukan dan belum pernah diidentifikasi sebelumnya.Pandemi Covid-19 adalah musibah yang sangat memilukan dan dampaknya dirasakan oleh seluruh penduduk dunia tak terkecuali Indonesia. Seluruh segmen kehidupan menjadi terganggu, tak terkecuali pendidikan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk : Mengetahui Persiapan dalam pengajaran PAI melalui media daring di SMPN 5 Bandung, Mengetahui Pelaksanaan dalam pengajaran PAI melalui Media daring di SMPN 5 Bandung, danMengetahui Evaluasi dalam pengajaran PAI melalui Media daring di SMPN 5 Bandung Pendekatan kualitatif ini dilakukan secara intensif, peneliti ikut berpartisipasi di lapangan, mencatat secara hati-hati, melakukan analisis, membuat laporan. Jenis penelitian yang di ambil adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang pengumpulan datanya di lakukan dengan cara memperoleh melalui penyelidikan berdasarkan objek lapangan. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa telah dilakukan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi terhadap pengajaran atau pembelajaran daring selama masa pandemi covid 19. Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Bandung. Hasil dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi Covid 19 di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Kota Bandung. Dapat disimpulkan Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat diketahui bahwa persiapan yang dilakukan oleh guru PAI sebelum melaksanakan pengajaran tidak jauh berbeda dengan pengajaran pada saat pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas. Dengan mempersiapkan bahan ajar atau materi, dan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pembelajaran daring dikembangkan sebagai media pembelajaran yang dapat menghubungkan secara daring antara guru dan peserta didik dalam sebuah kelas maya (virtual classroom) tanpa harus dalam satu ruangan secara fisik. Berbagai platform digunakan seperti whatsapp Group, zoom, google classroom, google form, dan sebagainya Pelaksanaan pembelajaran dengan media daring berjalan dengan baik, dari hasil pemantauan observasi lapangan terjadi proses evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pengajaran; Pendidikan Agama Islam; Covid 19
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adira Dzulhijjiana Putri
Date Deposited: 17 Sep 2022 09:04
Last Modified: 17 Sep 2022 09:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56927

Actions (login required)

View Item View Item