Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode Zelibe Ugwuanyi (ZU) dan metode Different Form Standard Deviation (DFSD)

Supriyanto, Dena (2022) Penyelesaian masalah transportasi menggunakan metode Zelibe Ugwuanyi (ZU) dan metode Different Form Standard Deviation (DFSD). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover .pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB) | Request a copy
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan industri dan teknologi mengharuskan Riset Operasi mencari solusi optimal yang cepat, efektif dan efesien. Metode ZU dan DFSD merupakan metode langsung untuk menghasilkan solusi optimal dari masalah transportasi, kedua metode tersebut juga menggunakan nilai penalti pada setiap iterasinya. Penalti pada Metode ZU dihasil dengan cara mengurangi semua sel pada baris atau kolom dengan biaya terendah dan jumlahkan hasilnya kemudian tambahkan hasil tersebut dengan jumlah baris atau kolom, sedangkan dalam metode DFSD nilai penalti dihasilkan dengan menggunakan rumus standar deviasi langkah selanjutnya adalah pilih nilai penalti paling besar kemudian dialokasikan sebesar mungkin pada sel baris atau kolom yang memiliki biaya paling sedikit, ulangi cara tersebut hingga seluruh Supply dan permintaan terpenuhi. Pada studi kasus data seimbang metode ZU dan DFSD menggunakan perhitungan manual kedua metode menghasilkan nilai solusi optimal yang sama sebesar 267 sedangkan untuk kasus tidak seimbang metode ZU menggunakan perhitungan manual menghasilkan solusi sebesar 965 sedangkan metode DFSD menggunakan perhitungan manual sebesar 1065, untuk data yang lebih besar digunakan program python untuk mengefektifkan pengerjaan kedua metode tersebut menghasilkan nilai solusi optimal yang sama yaitu sebesar 7%, metode DFSD menghasilkan solusi optimal lebih minimum sebesar 13% sedangkan metode ZU menghasilkan solusi optimal lebih minimum sebesar 80%. Dengan demikian maka pada kasus data seimbang Metode ZU lebih baik daripada metode DFSD begitupun pada kasus data tidak seimbang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi; Zelibe Ugwuanyi; Different Form Standard Deviation; Solusi Optimal; Transportation problem; Zelibe Ugwanyi; Different Form Standard Deviation; Optimal Solution;
Subjects: Applied mathematics
Applied mathematics > Mathematical Optimization
Applied mathematics > Programming Mathematics
Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Dena Supriyanto
Date Deposited: 15 Sep 2022 08:36
Last Modified: 15 Sep 2022 08:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56887

Actions (login required)

View Item View Item