Penyelesaian sengketa perpindahan kepemilikan jaminan dalam putusan pengadilan Agama Subang nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg tentang Wanprestasi akad Murabahah

Hidayat, Agi Attaubah (2022) Penyelesaian sengketa perpindahan kepemilikan jaminan dalam putusan pengadilan Agama Subang nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg tentang Wanprestasi akad Murabahah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy

Abstract

Likuidasi terhadap BPRS Gotong Royong Subang menghadapi beberapa sengketa wanprestasi. Penyelesaian sengketa wanprestasi tersebut diselesaikan di Pengadilan Agama Subang sesuai akad a quo. Pada perkara nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg, terdapat permasalahan menarik, yaitu adanya penjualan jaminan yang dilakukan oleh debitur. Akan tetapi, adanya penjualan jaminan tersebut tidak dibarengi dengan dikabulkannya tuntutan penggugat terkait sita jaminan dan penetapan berhak menjual jaminan di muka umum. Padahal dalam akad a quo telah dijanjikan bahwa akad a quo dibarengi dengan penyerahan barang jaminan tersebut. Penelitian bertujuan untuk menguraikan duduk perkara sengketa wanprestasi akad murabahah dalam putusan Pengadilan Agama Subang nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg, menelaah pertimbangan hukum majelis hakim terhadap perkara nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg dan mengkaji analisis hukum ekonomi syariah terhadap penyelesaian perpindahan kepemilikan jaminan dalam putusan nomor: 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian adalah jaminan sebagai peneguh dan solusi pembiayaan macet dapat dijamin keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukumnya oleh putusan hakim. Penelitian menggunakan metode hukum normatif. Dalam penelitian terdapat beberapa pendekatan yang dipakai, yaitu pendekatan kasus, perundang-undangan dan konseptual untuk memberikan representasi jelas terkait masalah penelitian. Data yang dikumpulkan ialah berbagai sumber hukum primer maupun sekunder. Sumber hukum primer di antaranya, putusan pengadilan agama dan perundang-undangan terkait. Sumber hukum sekunder semisal buku, artikel jurnal, skripsi, tesis maupun disertasi. Adapun teknik utama pengumpulan data yang dipakai ialah studi dokumen atau studi kepustakaan dan teknik bola salju. Merujuk hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Duduk perkara putusan nomor. 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg adalah penggugat mengajukan gugatan atas sikap wanprestasi tergugat dengan tidak melakukan pelunasan pembiayaan hingga tempo waktu yang telah disepakati dan adanya temuan penjualan barang jaminan oleh tergugat. (2) Pertimbangan hukum dalam putusan nomor. 5/Pdt.GS/2021/PA.Sbg didasarkan pada Al-Qur’an, Kaidah Fiqh, KUH Perdata, HIR, Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan serta Undang-undang Nomor 37 Tahun 2004 tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. (3) Penyelesaian perkara condong pada asas keadilan dengan memberikan waktu tambahan guna menyelesaikan akad a quo. Hal ini sejalan dengan Q.S Al-Baqarah ayat 280. Tetapi, penyelesaian perkara tidak menerapkan asas keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum secara proporsional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jaminan; Murabahah; Putusan Pengadilan; Sengketa Wanprestasi
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Private Law > Banking and Insurance Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Agi Attaubah Hidayat
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:43
Last Modified: 15 Sep 2022 06:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56876

Actions (login required)

View Item View Item