Strategi media Sin Po Tv dalam mempertahankan eksistensi di tengah maraknya media massa berbasis online: Studi kualitatif deskriptif pada Media Sin Po Tv program berita Nasional

Cahyani, Nur Setyo (2022) Strategi media Sin Po Tv dalam mempertahankan eksistensi di tengah maraknya media massa berbasis online: Studi kualitatif deskriptif pada Media Sin Po Tv program berita Nasional. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat pergeseran media massa. Dimana dalam menyebarluaskan informasinya media massa menggunakan platform online seperti web, blog atau media sosial. Hal ini memberikan kemudahan bagi audiens untuk mendapatkan informasi. Namun menjadi tantangan bagi media massa agar dapat bersaing, sehingga tetap eksis dalam menyuguhkan informasi. Strategi sangat dibutuhkan oleh media massa untuk membuat perencanaan yang ideal agar dapat bertahan di tengah maraknya media massa berbasis online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan oleh media Sin Po Tv agar dapat bersaing dan tetap eksis di tengah maraknya media massa berbasis. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang mengungkap fenomena dalam bentuk kata-kata, kalimat atau gambaran secara lengkap dan rinci. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: Pertama, media SinPo Tv melakukan tahapan pra produksi yang meliputi pembuatan perencanaan dengan melakukan koordinasi pengarahan sebelum dilakukannya peliputan agar mencegah minimnya kesalahan dan kesulitan saat proses peliputan, selain itu menentukan idegagasan untuk menentukan isu pemberitaan yang akan disuguhkan, dan melakukan persiapan peliputan. Kedua, Tahapan produksi dimana proses peliputan dilakukan oleh reporter memperhatikan beberapa hal seperti pembuatan list pertanyaan, naskah, proses pengambilan gambar, dan editing. Hal ini tentunya sesuai dengan ketentuan media Sin po Tv sendiri. Ketiga, tahapan pasca produksi, media Sin po Tv melakukan evaluasi kerja team membahas bagaimana pencapaian yang sudah dihasilkan. Sedangkan evaluasi media sosial membahas seberapa banyak pencapaian like, comment, dan viewers. Selanjutnya melakukan promosi yang dilakukan dengan cara promosi organis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Manajemen Media; Televisi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Specific Fields of Photography > Video Production, Television Photography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nur Setyo Cahyani
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:36
Last Modified: 15 Sep 2022 07:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56871

Actions (login required)

View Item View Item