Perbandingan Analisis Survival Model Regresi Cox Proportional Hazard dan Model Parametrik pada data waktu lama studi

Astuti, Sri Wulan Widia (2022) Perbandingan Analisis Survival Model Regresi Cox Proportional Hazard dan Model Parametrik pada data waktu lama studi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

Dalam ruang lingkup Perguruan Tinggi, mahasiswa program sarjana (S-1) dan diploma empat (D-4) dikatakan lulus tepat waktu apabila mampu menyelesaikan studinya selama 4 tahun (8 semester), namun pada kenyataannya masih terdapat mahasiswa yang tidak bisa menyelesaikan pendidikan tepat pada waktunya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi lama studi mahasiswa jurusan matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2017 sebagai subyek penelitian menggunakan analisis survival. Analisis survival adalah prosedur statistika untuk menganalisis data dengan waktu sampai terjadinya suatu peristiwa tertentu sebagai variabel respons. Dalam analisis survival terdapat dua model regresi, yaitu model semiparametrik (regresi Cox Proportional Hazard) dan model parametrik, kemudian dilakukan perbandingan antara kedua model tersebut. Pada model regresi Cox Proportional Hazard estimasi parameter yang digunakan adalah Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE) dengan metode efron karena data mengadung kejadian bersama (ties), sedangkan pada model parametrik dilakukan pengujian distribusi data dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan hasilnya mengikuti distribusi Weibull, untuk estimasi parameter menggunakan Maximum Likelihood Estimation (MLE). Berdasarkan hasil uji Likelihood Ratio dan uji Wald menyatakan bahwa parameter yang berpengaruh signifikan terhadap waktu survival (waktu lama studi) adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Berdasarkan hasil analisis bahwa nilai Akaike Information Criterion (AIC) model regresi Cox Proportional Hazard lebih kecil daripada model parametrik, sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi Cox Proportional Hazard adalah model terbaik pada data waktu lama studi mahasiswa jurusan matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Waktu lama studi; model regresi Cox Proportional Hazard; Model parametrik; Maximum Partial Likelihood Estimation (MPLE); Akaike Information Criterion (AIC).
Subjects: Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Applied mathematics
Applied mathematics > Statistical Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Sri wulan widia Astuti
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:14
Last Modified: 15 Sep 2022 04:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56836

Actions (login required)

View Item View Item