Peranan Mahabbah terhadap keharmonisan rumah tangga pada keluarga muda : Studi kasus keluarga muda di Kampung Pamubusan RT03/RW04 Desa Cibiru Wetan

Dewi, LisnaWati (2022) Peranan Mahabbah terhadap keharmonisan rumah tangga pada keluarga muda : Studi kasus keluarga muda di Kampung Pamubusan RT03/RW04 Desa Cibiru Wetan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (497kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

Cinta (Mahabbah) merupakan hal penting dalam menjalankan kehidupan terutama dalam kehidupan berkeluarga apalagi dengan awal pernikahan yang memasuki umur satu sampai lima tahun yang biasanya terjadi melihat sifat dan karakter asli salah satu pasangan. Persoalan yang muncul dalam ikatan pernikahan dilatar belakangi pasangan yang mengalami kesulitan mencari nafkah dari yang halal dan lebih jauh lagi memenuhi hak-hak setiap salahsatu pasangan atau adanya kekerasan dalam rumah tangga. Adapun masalah-masalah yang termasuk dalam klasifikasi besar lainnya, khususnya anggapan keluarga lalai dari mengingat Allah dan meninggalkan amalan akhirat. Peneliti bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui gambaran mahabbah pada keluarga muda, mengetahui problem keluarga muda dalam membangun rumah tangga yang harmonis, selain itu juga untuk mengetahui peran mahabbah terhadap keharmonisan rumah tangga pada keluarga muda di Kampung Pamubusan. Jenis penelitian ini merupakan lapangan dan model penelitiannya kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mahabbah ialah untuk dapat mencintai Allah yang memerlukan perantara yaitu alam semesta dan makhluk-Nya karena akal tidak dapat seutuhnya menjangkau dimensi ketuhanan, keluarga yang harmonis adalah keluarga yang penuh ketentraman, kedamaian dan perkembangan keturunan manusia, cinta dan kesetiaan, yang saling menyempurnakan dan melengkapi, bekerja sama dan membantu. Keluarga muda yaitu sepasang suami istri yang usia pernikahannya tersebut tergolong masih muda yaitu yang usia pernikahannya 5 tahun kebawah. Hasil penelitian dilapangan ditemukan bahwa mahabbah itu sangat berperan penting sekali terhadap keharmonisan rumah tangga, karena dengan adanya mahabbah pasangan akan saling mencintai satu sama lain meskipun jarak memisahkan. Mahabbah akan selalu tumbuh meskipun berjauhan, karena dengan mahabbah yang besar bukan lagi karena cinta tapi sayang yang takut kehilangan sehingga suami selalu menghabiskan waktu dengan pasangannya. Dengan adanya mahabbah seseorang menjadi akan sadar apa yang ditakdirkan Allah dimana manusia harus menerimanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Mahabbah; Keharmonisan; Rumah Tangga; Keluarga Muda
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Sex Psychology and Psychology of The Sexes
Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Differential and Developmental Psychology > Environmental Psychology
Customs of Life Cycle and Domestic Life > Wedding and Marriage Customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Lisnawati Dewi
Date Deposited: 16 Sep 2022 08:18
Last Modified: 16 Sep 2022 08:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56792

Actions (login required)

View Item View Item