Konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan siswa : Studi deskriftif di MA Unggulan Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi

Safitri, Kania (2022) Konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan siswa : Studi deskriftif di MA Unggulan Syamsul 'Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ditemukannya siswa-siswi yang kurang disiplin. Seperti tidak tepat waktu dalam masuk kelas, bolos, memiliki motivasi belajar yang rendah, dan kurangnya kesadaran serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan oleh guru. Sehingga diperlukan layanan bimbingan konseling, baik konseling kelompok atau konseling individu. Oleh karena itu, MA Unggulan Syamsul ‘Ulum melakukan konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui program, proses, dan hasil yang dicapai dalam konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan siswa di MA Unggulan Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Kota Sukabumi. Penelitian ini didasari oleh landasan pemikiran bahwa konseling individual membantu konseli untuk mengetahui dirinya, situasi yang dihadapi dan masa depan sehingga konseli dapat menggunakan potensinya untuk mencapai kebahagiaan pribadi maupun sosial, dan konseli dapat belajar tentang bagaimana memecahkan masalah dan memenuhi kebutuhannya di masa depan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara langsung, dan wawancara tidak langsung atau tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual di MA Unggulan Syamsul ‘Ulum mampu meningkatkan kedisiplinan siswa. Hal ini ditunjukkan oleh prosentase yang cukup baik berdasarkan aspek atau indikator kedisiplinan siswa yaitu ketertiban, kemampuan mengendalikan diri, dan kemampuan berkonsentrasi. Keberhasilan konseling individual dalam meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu adanya kesadaran dari siswa untuk mentaati tata tertib sekolah. Siswa juga sudah mampu mengedalikan diri dan berkonsentrasi ketika belajar, walaupun keberhasilan konseling individual untuk meningkatkan kedisiplinan siswa ini belum 100% tapi tahap demi tahap siswa mengalami peningkatan kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Konseling Individual; Kedisiplinan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Kania Safitri
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:56
Last Modified: 15 Sep 2022 03:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56753

Actions (login required)

View Item View Item