Bimbingan agama melalui program pengajian rutin malam Jumat dalam membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial : Penelitian di Masjid Jamie Al-Hikmah Jl. Raya Sukamahi, Desa Sukamahi, Keacamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi

Putrie, Asyavira Mahardini Putrie (2022) Bimbingan agama melalui program pengajian rutin malam Jumat dalam membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial : Penelitian di Masjid Jamie Al-Hikmah Jl. Raya Sukamahi, Desa Sukamahi, Keacamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya bimbingan agama ini, diharapkan dapat membentuk kepribadian muslim yang khususunya pada aspek sosial Jamaah dalam membentuk hubungan baik sesama Jamaah. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui program, proses dan hasil bimbingan agama melalui pengajian rutin dalam membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial di Masjid Jamie Al-Hikmah. Bimbingan agama itu sendiri merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan upaya pemberian bantuan, bimbingan kepada individu maupun kelompok kepada yang memiliki permasalahan kerohanian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif jenis deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Langkah-langkah dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Temuan penelitian ini adalah bahwa program pengajian rutin malam Jumat di Masjid Jamie Al-Hikmah bertujuan untuk membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial Jamaah, dengan jumlah jamaah beranggotakan 30-50 orang dengan jenis kelompok besar. Pelaksanaan bimbingan yang dilakukan memiliki jadwal tetap yakni dilakukan seminggu sekali setiap hari kamis malam Jumat pada pukul 19.00-22.00 WIB. Program bimbingan agama ini yaitu pengajian rutin hari selasa, malam jumat, jumat berkah dan santunan anak yatim. Adapun proses pelaksanaannya ada beberapa tahap yakni tahap pembukaan, tahap inti dan tahap penutup. Adapun materi yang diberikan oleh pembimbing kepada jamaah yaitu kitab fiqih, tauhid, dan juga tafsir. Metode yang digunakan yaitu cermah dan tanya jawab yang juga menggunakan Teknik pemberian informasi. Hasil bimbingan agama melalui pengajian rutin dalam membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial di Masjid Jamie Al-Hikmah mendapatkan hasil positif dengan adanya perubahan akan interaksi sosial, hubungan sosial jamaah. Faktor-faktor yang memperngaruhi keberhasilan bimbingan agama melalui pengajian rutin dalam membentuk kepribadian muslim pada aspek sosial di Masjid Jamie Al-Hikmah diantaranya yakni keyakinan yang kuat dari dalam diri jamaah, usia, pembimbing (ustadz) dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama; Kepribadian Muslim
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Asyavira Mahardini Putrie
Date Deposited: 14 Sep 2022 14:16
Last Modified: 14 Sep 2022 14:16
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56726

Actions (login required)

View Item View Item