Analisis pendistribusian zakat pada program Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK) dalam meningkatkan kesejahteraan Lansia pada masa pandemi covid 19 : Studi kasus Baznas Kabupaten Subang

Nurasiah, Siti (2022) Analisis pendistribusian zakat pada program Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK) dalam meningkatkan kesejahteraan Lansia pada masa pandemi covid 19 : Studi kasus Baznas Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi fiks.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 fiks.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020 dunia digemparkan dengan adanya virus corona. Dimasa pandemi covid 19 ini BAZNAS Kabupaten Subang berupaya menanggulangi permasalahan-permasalahan yang dialami oleh kaum lansia. Upaya BAZNAS tersebut di wujudkannya dengan membentuk sebuah program bantuan kepada para lansia yaitu Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK). Akan tetapi pendistribusian bantuan Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK) ini belum merata, karena masih banyak lansia yang terdapat di beberapa daerah yang belum pernah menerima bantuan program Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendistribusian zakat pada program Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK) dan juga ingin mengetahui bagaimana dampak terhadap kesejahteraan lansia setelah menerima bantuan dari program Cinta Lansia Baznas Kabupaten (CLBK) di BAZNAS Kabupaten Subang pada masa pandemi Covid 19. Konsep dan teori pada penelitian ini terbagi menjadi empat poin, yakni yang pertama mengenai tentang zakat, mulai dari pengertian, landasan hukum, orang yang berhak menerima zakat hingga syarat dan fungsi zakat. Kemudian yang kedua yaitu tentang pendistribusian dana zakat. Yang ketiga tentang kesejahteraan, dan yang keempat tentang lanjut usia. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis ialah metode deskriptif kualitatif. Dalam metode penelitian ini, penulis meninjau objek penelitian secara langsung serta melakukan obsservasi lapangan juga melakukan wawancara langsung pada Ketua Bidang Pendistribusian dan juga Para Lansia yang menerima bantuan program Cinta Lansia Baznas Kabupaten. jenis data yang penulis gunakan adalah data primer dan juga data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pendistribusian pada program Cinta Lansia Baznas Kabupaten ini bersifat konsumtif sudah berjalan dengan baik, dan program bantuan Cinta Lansia Baznas Kabupaten Subang ini sangat berdampak baik dan sangat membantu ekonomi para lansia, apalagi dimusim pandemi Covid 19 yang tak kunjung padam ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: zakat; pendistribusian; baznas; lansia; kesejahteraan
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Nurasiah
Date Deposited: 19 Sep 2022 01:10
Last Modified: 19 Sep 2022 01:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56716

Actions (login required)

View Item View Item