Pengaruh Tazkiyatun Nafs terhadap kesadaran beragama narapidana santri : Studi kasus di Lemabaga Pemasyarakatan kelas IIA Bandung

Affifah, Ghina Hadzar (2022) Pengaruh Tazkiyatun Nafs terhadap kesadaran beragama narapidana santri : Studi kasus di Lemabaga Pemasyarakatan kelas IIA Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (642kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy

Abstract

Tazkiyaun Nafs menurut Al-Ghazali dilakukan dengan cara memanfaatkan akal sebagai karunia Allah sebagai pengendali akhlak yang buruk. Akal yang lurus memiliki kemampuan mengendalikan manusia dari dorongan-dorongan negatif yang muncul dari hawa nafsu, sehingga menjadi patuh terhadap kebenaran ajaran agama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas pengaruh dari Tazkiyatun Nafs terhadap Kesadaran Beragama Narapidana santri di lembaga pemasyarakatan kelas IIA bandung. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh Kesadaran Beragama narapidana santri di lembaga pemasyarakatan kelas IIA bandung. Terakhir untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Tazkiyatun nafs terhadap kesadaran beragama narapidana santri di lembaga pemasyarakatan kelas IIA bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dengan pendekatan kuantitatif. Besar sampel untuk survei ini adalah 40 responden. Metode ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat dan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Untuk mengetahui dampak Tazkiyatun nafs terhadap kesadaran beragama, analisis teknis terhadap data yang diperlukan untuk penelitian ini dilakukan dengan uji statistik. Uji – uji statistik tersebut yaitu Uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi, uji regresi linier sederhana, uji koefesien determinasi dan uji hipotesis. Hasil uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi uji dua arah 0,05 diperoleh R square 0,134 (13,4%) yang berart terdapat pengaruh positif dari Tazkiyatun nafs (X) terhadap kesadaran beragama (Y). persamaan regresi diperoleh Y=84,024+0,544X. artinya setiap penambahan nilai Tazkiyatun nafs 1 poin, hasil nilai signifikansi sebesar 0,020(<0,05) yang artinya bila nilai signifikasi < dari 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bandung terdapat pengaruh Tazkiyatun Nafs terhadap Kesadaran Beragama, untuk kedepanya semoga makin bertambah narapidana yang melakukan pensucian jiwa dan sadar akan pentingnya agama, melakukan semua perintah dan menjauhi semua larangan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tazkiyatun nafs; Kesadaran Beragama; Agama
Subjects: Islam
Islam > Sufi Orders
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ghina Hadzar Affifah
Date Deposited: 14 Sep 2022 12:17
Last Modified: 14 Sep 2022 12:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56704

Actions (login required)

View Item View Item