Bimbingan agama Islam melalui metode kisah qurani untuk membangun akhlak remaja : Penelitian di Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung Ciamis

Hedianti, Isni Budi (2022) Bimbingan agama Islam melalui metode kisah qurani untuk membangun akhlak remaja : Penelitian di Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ditemukannya remaja yang akhlaknya sudah melewati batas dan keluar dari norma-norma keislaman. Sehingga tidak sedikit orang tua yang memilih memasukkan anaknya ke pesantren, termasuk Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung. Mereka memilih pondok pesantren sebagai tempat yang paling aman dan cocok sebagai tempat pemberian arahan dan bimbingan bagi anak-anaknya supaya mereka memiliki akhlak yang lebih baik. Oleh karena itu, Yayasan Pondok Pesanten Alquran Cijantung mengadakan bimbingan agama Islam melalui metode kisah qurani untuk membangun akhlak remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program, proses dan hasil yang dicapai dalam kegiatan bimbingan agama Islam melalui metode kisah qurani untuk membangun akhlak remaja di Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung Ciamis. Penelitian ini didasari oleh konsep pemikiran bahwa bimbingan agama Islam merupakan upaya upaya untuk membantu seseorang dalam mengembangkan fitrah dengan cara memperdayakan iman, akal, kemampuan untuk mempelajari tuntunan Allah dan Rasul-Nya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara baik wawancara langsung dan wawancara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bimbingan agama Islam melalui metode kisah qurani di Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung Ciamis mampu menghasilkan perubahan akhlak para santri (remaja) ke arah yang lebih baik. Hal ini ditunjukkan oleh prosentase yang cukup tinggi pada indikator akhlak para santri yang terdiri dari akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap orang tua dan akhlak terhadap guru di Yayasan Pondok Pesantren Alquran Cijantung setelah kegiatan bimbingan dilaksanakan. Perhitungan ini diperoleh setelah pelaksanaan proses bimbingan selama kurang lebih 6 bulan terakhir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Metode kisah qurani; Akhlak yang mulia
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Isni Budi Hedianti
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:00
Last Modified: 15 Sep 2022 04:00
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56699

Actions (login required)

View Item View Item