Pengaruh pembiasaan membaca Al-Quran pada pembelajaran PAI terhadap akhlak: Penelitian terhadap siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Sukabumi

Fauziyah, Hana (2022) Pengaruh pembiasaan membaca Al-Quran pada pembelajaran PAI terhadap akhlak: Penelitian terhadap siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Sukabumi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, didapatkan informasi dari guru bagian kurikulum yang sekaligus sebagai penanggung jawab program pembiasaan membaca Al-Qur’an bahwasannya program pembiasaan membaca Al-Qur’an masih berlangsung namun masih terdapat perilaku yang kurang terpuji seperti bermain gadget saat program pembiasaan membaca Al-Qur’an, tidak berperilaku sopan, dan tidak jujur. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pembiasaan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran PAI siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Sukabumi; 2) Akhlak yang dimiliki siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Sukabumi; 3) Pengaruh yang diberikan dalam pembiasaan membaca Al-Quran pada pembelajaran PAI terhadap akhlak siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayatan Thayyibah Sukabumi.Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa akhlak siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain faktor pembiasaan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran PAI. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 38 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: 1) Realitas pembiasaan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran PAI berada pada kategori tinnggi dengan nilai 3,97 yang berada pada interval 3,6 – 4,5. 2) Realitas akhlak siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayyatan Thayyibah Sukabumi berada pada kategori baik dengan nilai interpretasi sebesar 4,41 yang berada pada interval 3,6 – 4,5. 3)Realitas pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an terhadap akhlak siswa kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayyatan Thayyibah Sukabumi berada pada kategori sedang dengan nilai koefesien korelasi sebesar 0,644 yang berada pada interval 0,41 – 0,70. Pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an tehadapa akhlak sebesar 3,99 %, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Hasil hipotesis memiliki nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dan t hitung (5,05) > t table (2,43), sehingga Ha diterima dan H0. Dengan demikian, terdapat pengaruh pembiasaan membaca Al-Qur’an pada pembelajaran PAI terhadap akhlak siswa di kelas X dan XI SMA Pesantren Terpadu Hayyatan Thayyibah Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Membaca Al-Qur'an; Akhlak
Subjects: Religious Mythology > Attitudes of Religions Toward Social Issues
Islam > Recitation and Reading
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hana Fauziyah
Date Deposited: 14 Sep 2022 11:24
Last Modified: 20 Sep 2022 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56697

Actions (login required)

View Item View Item