Pengaruh bikbingan karir terhadap kematangan pengambilan keputusan karir siswa: Penelitian di MAN 1 Garut Karangpawitan Garut Jawa Barat

Zahrah, Fathimatu (2022) Pengaruh bikbingan karir terhadap kematangan pengambilan keputusan karir siswa: Penelitian di MAN 1 Garut Karangpawitan Garut Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy

Abstract

Siswa merupakan remaja yang dihadapkan dengan pemilihan dan pemutusan karir yang harus direncanakan dengan matang. Masih banyak remaja yang sulit membedakan antara pilihan pekerjaan yang lebih disukai dengan yang dicita-citakan. Dari data yang diperoleh pada saat Praktik Profesi Mahasiswa (PPM) pada tanggal 6 Oktober 2021 sampai 30 Oktober 2021 di MAN 1 Garut, penulis memperoleh data bahwa siswa kelas XII masih mengalami kebingungan untuk mempersiapkan diri dalam mengambil keputusan karir. Masih banyak siswa yang belum mengetahui minat dan bakat yang mereka miliki serta masih banyak yang kesulitan memilih jurusan kuliah juga masih ragu apakah akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi ataukah akan bekerja untuk meringankan ekonomi orangtuaku. Tujuan dari penelitian ini adalah “untuk mengukur besaran pengaruh bimbingan karir terhadap kematangan pengambilan keputusan karis siswa kelas 12 di MAN 1 Garut”. Penelitian ini bertolak dari landasan pemahaman Donald E. Super bahwa indikator kematangan karir siswa terdiri dari empat aspek yakni perencanaan karir, eksplorasi karir, kompetensi informasional mengenai pilihan karir, dan mengkristalisasikan pilihan pada bidang dan tingkat pekerjaan tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Survey Kuantitatif dan juga menggunakan analisis data Microsoft Excel 2010 dan Aplikasi Statistik PSPP. Dan juga memakai desain Penelitian Regresi Linier Sederhana. Sebab penelitian ini hanya memiliki satu variabel X yakni Bimbingan karir dan Satu variabel Y yakni kematangan pengambilan keputusan siswa kelas XII di MAN 1 Garut. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen penelitian (angket) yang disebarkan melalui google form dan observasi langsung ke lapangan. Hasil penelitian melalui uji regresi linier sederhana yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh antara bimbingan karir dengan kematangan karir siswa. Besarnya pengaruh bimbingan karir terhadap kematangan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII MAN 1 Garut dapat dilihat dengan hasil nilai R (koefisien determinasi) sebesar 0,93 yang artinya pengaruh variabel X (Bimbingan Karir) terhadap variabel Y (Kematangan Karir Siswa) sebesar 0,932 x 100% = 86,49%. Hal ini menunjukkan bahwa 86,49% kematangan karir siswa kelas XII MAN 1 Garut dipengaruhi oleh bimbingan karir dan sisanya sebesar 13,51% dipengaruhi oleh variabel lain selain bimbingan karir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Kematangan Karir Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fathimatu Zahrah
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:59
Last Modified: 15 Sep 2022 02:59
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56691

Actions (login required)

View Item View Item