Self Control dan hubungannya dengan prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka

Sholiha, Hanny Nur'aini (2022) Self Control dan hubungannya dengan prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru : Penelitian korelasional terhadap siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa yang belum dapat mengembangkan self control yang ada dalam dirinya terkait dengan semua proses belajar mengajar, termasuk dalam mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka, yang dimana dalam penelitian ini peneliti memfokuskan terhadap prestasi belajar kognitif pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) Self control pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka; (2) Prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru siswa kelas VIII di SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka; (3) Hubungan antara self control dengan prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka. Self control adalah suatu kemampuan untuk mengatur bentuk perilaku yang membawa individu ke arah konsukuensi positif, dengan indikator; mengontrol perilaku; mengontrol kognitif; dan mengontrol keputusan. Prestasi kognitif adalah pencapaian hasil dari belajar dengan capaian tujuan pembelajaran intruksional sehingga terjadi perubahan tingkah laku, dengan indikator; mengingat; memahami; menerapkan; menganalisis; mengevaluasi; dan mencipta. Dengan hipotesis; diduga terdapat hubungan yang positif dan signifikan di antara self control dan prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan metode korelasional. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis uji instrumen, analisis korelasi dan analisis hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Self control pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka berada pada kategori sedang dengan rata-rata jawaban siswa sebesar 63% berada pada dominasi kategori sedang. (2) Prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung Kabupaten Majalengka berada pada kategori sedang dengan rata-rata siswa 66,7% berada pada dominasi kategori sedang. (3) Self control dengan prestasi kognitif PAI materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ligung menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan pada kategori sedang berdasarkan hasil perhitungan analisis korelasi: (a) Menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,414 dengan nilai signifikansi 0,032. (b) Hipotesis diterima (thitung (2,274 ) > ttabel (2,060)), yang artinya semakin tinggi self control siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi kognitif mereka pada materi hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: PAI; Prestasi Kognitif; Self control
Subjects: Education, Research
Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanny Nur'aini Sholiha
Date Deposited: 14 Sep 2022 12:51
Last Modified: 14 Sep 2022 12:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56688

Actions (login required)

View Item View Item