Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020

Anisah, Anisah (2022) Pengaruh Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingkat profitabilitas sebagai tolak ukur untuk menggambarkan besaran keuntungan yang akan didapat, Gross Profit Margin (GPM) merupakan rasio yang mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba kotor dari penjualan, berawal dari pemikiran bahwa Inventory turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) memiliki pengaruh terhadap Gross Profit Margin (GPM), oleh karena itu, peneliti mengkaji lebih lanjut mengenai apakah terdapat pengaruh antara Inventory turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM) pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengananlisis dan mengetahui seberapa besar pengaruh Inventory Urnover (ITO) terhadap Gross Profit Margin (GPM), Untuk menganaalisis dan mengetahui sebeapa besar pengaruh Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM), Untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar pgaruh Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) secara simultan terhadap Gross Profit Margin (GPM). Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) merupakan bagian dari rasio aktivitas yang menggambarkan seberapa efektif perusahaan dalam menjalankan operasionalnya. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah merujuk kepada beberapa pendapat ahli keuangan dan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa semakin tinggi Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO), maka akan semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap Gross Profit Margin (GPM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder dari laporan keuangan yang dipublikasikan oleh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2011-2020 yakni PT Elnusa Tbk, PT Bayan Resources Tbk, PT Bukit Asam Tbk. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, secara parsial Inventory Turnover (ITO) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM), Fixed Assets Turnover (FATO) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Gross Profit Margin (GPM), dan secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan pada Inventory Turnover (ITO) dan Fixed Assets Turnover (FATO) terhadap Gross Profit Margin (GPM), dengan nilai R2 (R-Square) dari penelitian ini sebesar 0.560296 dapat diartikan bahwa setiap variabel dependen berubah sebanyak 56 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Inventory Turnover (ITO); Fixed Assets Turnover (FATO); Gross Profit Margin (GPM)
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Anisah Anisah
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:43
Last Modified: 15 Sep 2022 02:43
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56644

Actions (login required)

View Item View Item