Penerapan model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write dan Evaluation (POE2WE) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana

K, Sya'iidah Muntahaa (2022) Penerapan model Pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write dan Evaluation (POE2WE) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi gerak harmonik sederhana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam membantu menyelesaikan permasalahan fisika yang banyak dianggap sulit. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan dan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara peserta didik yang belajar dengan menerapkan model prediction, observation, explanation, elaboration, write dan evaluation (POE2WE) dan pendekatan saintifik 5M. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yang diambil adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Manonjaya dan sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X MIPA 2 dan X MIPA 3 dengan masing-masing kelas berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah LKPD With SAS dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil analisis lembar SAS menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperiman dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga sebesar 78,9% pada kategori efektif, sedangkan kelas kontrol sebesar 75,9% pada kategori efektif. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan nilai N-gain pada kelas eksperimen 0,73 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 0,62 dengan kategori sedang. Hasil uji t diperoleh nilai thitung (4,66)>ttabel (2,00) dan nilai sig.(2-tailed) 0,000018<0,05, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah peserta didik antara yang belajar dengan menerapkan model POE2WE dan pendekatan saintifik 5M pada materi gerak harmonik sederhana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model POE2WE; pendekatan saintifik 5M; kemampuan pemecahan masalah; gerak harmonik sederhana
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sya'iidah Muntahaa K
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:10
Last Modified: 20 Sep 2022 04:10
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56625

Actions (login required)

View Item View Item