Hubungan pola pengasuhan permisif dengan sikap tawakal remaja: Studi korelasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung

Febriany, Revika (2022) Hubungan pola pengasuhan permisif dengan sikap tawakal remaja: Studi korelasi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Di zaman yang modern ini tidak sedikit orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya hingga menyebabkan sang anak menjadi bertindak sesuai keinginannya tanpa perhatian dan pengawasan dari orang tuanya. Hal ini sesuai dengan para remaja di LPKA Bandung, mereka masuk ke LPKA dikarenakan melakukan suatu tindakan kriminal yang disebabkan oleh kurangnya perhatian dan pengawasan dari orang tuanya. Remaja yang berada di LPKA ini sering merasa khawatir akan masa depan mereka, yang dalam hal ini berarti mereka tidak menerapkan sikap tawakal dalam dirinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat pola pengasuhan permisif yang diterapkan oleh orang tua pada remaja di LPKA Kelas II Bandung, untuk mengetahui tingkat sikap tawakal remaja di LPKA Kelas II Bandung, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan pola pengasuhan permisif dengan sikap tawakal remaja di LPKA Kelas II Bandung. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori pola pengasuhan permisif menurut Baumrind dan teori tawakal menurut Imam Al-Ghazali. Pola pengasuhan permisif ialah pengasuhan di mana orang tua tidak ikut campur dalam hidup anaknya dan memberikan kebebasan kepada anaknya untuk melakukan segala kegiatan yang diinginkannya. Tawakal ialah menyerahkan segala sesuatu kepada Allah atau menggantungkan urusan diri pada Allah setelah berikhtiar. Hipotesis yang diajukan yaitu jika H0 ditolak maka Ha diterima yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pola pengasuhan permisif dengan sikap tawaka remaja di LPKA Kelas II Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode analisis korelasi yang bertujuan untuk membuktikan sejauh mana keterkaitan antara hubungan satu variabel dengan variabel lainnya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar kepada 53 sampel penelitian remaja di LPKA Kelas II Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan permisif yang diterapkan oleh orang tua pada remaja di LPKA Kelas II Bandung berada dalam kategori sedang, artinya orang tua tidak sepenuhnya memberikan kebebasan kepada anaknya atau masih ada batasan yang diterapkan oleh orang tua. Selanjutnya, pada sikap tawakal yang diterapkan oleh remaja di LPKA Kelas II Bandung berada dalam kategori sedang, artinya rata-rata remaja di LPKA memasrahkan dirinya kepada Tuhan karena mereka meyakini bahwa segala ketentuan Tuhan merupakan yang terbaik. Dari hasil uji korelasi dan uji hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi < 0,05, thitung > ttabel dan Fhitung > Ftabel. Artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan secara bersama-sama antara pola pengasuhan permisif dengan sikap tawakal remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola pengasuhan permisif; sikap tawakal; remaja.
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Revika Febriany
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:42
Last Modified: 14 Sep 2022 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56609

Actions (login required)

View Item View Item