Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Adaro Energy Tbk periode 2011-2020

Fadhillah, Ade Surya (2022) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): studi di PT. Adaro Energy Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

Stock Price merupakan harga suatu saham yang terjadi di pasar bursa pada saat tertentu yang ditentukan oleh pelaku pasar dan ditentukan oleh permintaan dan penawaran saham yang bersangkutan di pasar modal. Tujuannya agar menentukan sebuah nilai perusahaan. Besarnya harga yang ditawarkan menjadi acuan investor menanam modal di perusahaan. faktor yang mempengaruhi Stock Price adalah Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS).Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Stock Price; mengetahui dan menganalisis berapa besar pengaruh Earning Per Share (EPS) secara parsial terhadap Stock Price; mengetahui dan menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) secara simultan terhadap Stock Price pada PT. Adaro Energy Tbk 2011-2020. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh positif terhadap Stock Price, artinya apabila Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) naik, maka Stock Price naik, begitupun sebaliknya apabila Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) turun, maka Stock Price pun turun. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang dipakai merupakan data sekunder runtun waktu (time series) yang didapatkan melalui laporan keuangan yang dipublikasi PT. Adaro Energy Tbk periode 2011-2020. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis koefisiensi determinasi) analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T), uji signifikansi simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price yang dibuktikan dari besar nilai koefisien determinasi sebesar 38,2%. Pada variabel Earning Per Share (EPS) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Stock Price yang dibuktikan dari nilai koefisien determinasi sebesar 52,6%. Kemudian secara simultan, diketahui bahwa hasil koefisien sebesar 52,7% artinya Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti Net Profit Margin (NPM) dan Earning Per Share (EPS) tidak berpengaruh signifikan terhadap Stock Price.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin; Earning Per Share; Stock Price.
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ade Surya Fadhillah
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:21
Last Modified: 15 Sep 2022 04:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56595

Actions (login required)

View Item View Item