Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan melalui etos kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada karyawan PT. Cipta Dwi Busana Sukabumi

Saputri, Artian (2022) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan melalui etos kerja sebagai variabel mediasi: Studi pada karyawan PT. Cipta Dwi Busana Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover[1].pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak[1].pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi[1].pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1[1].pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka[1].pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

Sebuah perusahaan pasti sangat mengharapkan karyawannya mempunyai kinerja yang baik. Menurut Martin (2006) untuk menilai kinerja karyawan tidak bisa hanya dilihat dari kesempurnaan kerjanya, namun juga dibutuhkan sebuah kemampuan untuk mengelola atau mengendalikan diri sendiri dan dibutuhkan kemampuan yang baik dalam menjalin hubungan dengan manusia lainnya. Kemampuan ini biasa disebut dengan kemampuan kecerdasan emosional. Kemudian, Menurut Anoraga (1992) menyatakan orang yang sukses harus memiliki cara pandang dan tingkah laku menghargai kerja dengan nilai tinggi dalam keberadaan manusia, yang disebut dengan istilah etos kerja. Maka untuk menilai kinerja karyawan dibutuhkan faktor kecerdasan emosional dan etos kerja, yang mana keduanya dapat mempengaruhi kinerjanya karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan, megetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap etos kerja, mengetahui pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan, kemudian penelitian ini juga menguji apakah etos kerja merupakan variabel mediasi yang mempengaruhi hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja karyawan. Metode dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun objek penelitian ini adalah karyawan PT Cipta Dwi Busana Sukabumi, dengan populasi 98 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, lalu metode analisis yang digunakan yaitu metode casual step dan metode uji sobel dengan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan mendapatkan t hitung (7,555) > t tabel (1,985) pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap etos kerja dibuktikan dengan t hitung (9,217) > t tabel (1,985) pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05, etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan dibuktikan dengan t hitung (12,290) > (1,985) pada taraf signifikansi 0,00 < 0,05, dan etos kerja mampu menjadi variabel mediasi pengaruh antara kecerdasan emosional dan kinerja karyawan secara parsial dibuktikan dengan hasil uji kecerdasan emosional (X) ke kinerja karyawan (Y) dengan memasukan variabel mediasi menunjukan bahwa nilai Beta nya berkurang menjadi 0,176 dari pengaruh langsungnya 0,761, dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, dengan demikian etos kerja memediasi secara parsial pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan pada PT Cipta Dwi Busana Sukabumi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional;Etos Kerja;Kinerja Karyawan
Subjects: General Management
General Management > Personnel Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Anisa Imadul Bilad
Date Deposited: 14 Sep 2022 02:44
Last Modified: 14 Sep 2022 02:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56589

Actions (login required)

View Item View Item