Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk periode 2011-2020

Agfa, Muhammad (2022) Pengaruh Current Ratio (CR) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Equity (ROE) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk periode 2011-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy

Abstract

Return on Equity (ROE) adalah ukuran pengembalian tahunan perusahaan (laba bersih) dibagi dengan nilai total ekuitas pemegang saham dan dinyatakan dalam persentase. Adapun faktor yang mempengaruhi rasio ini adalah salah satunya tingkat likuiditas dan juga total hutang perusahaan dalam hal ini current ratio (CR) sebagai rasio likuiditas dan debt to equity ratio (DER) sebagai rasio hutang. Terdapat fenomena menarik pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di mana terdapat ketidaksesuaian antara hasil penelitian pengaruh current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) terhadap return on equity (ROE) dengan data yang ditemukan di lapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), dan return on equity (ROE) pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk serta hubungan antar variabel bebas secara parsial maupun simultan terhadap variabel terikat. Penelitian ini didasarkan pada teori modal di mana apabila modal bertambah maka laba juga akan bertambah, dalam penelitian ini digunakan current ratio (CR) dan debt to equity ratio (DER) sebagai variabel bebas yang akan mempengaruhi return on equity (ROE) dengan asumsi jika perusahaan likuid dan mampu mendapatkan modal tambahan baik itu dari skema hutang maka akan berpengaruh positif terhadap laba yang akan dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun pengujian yang dilakukan adalah uji analisis deskriptif, uji asumsi klasik, lalu uji analisis asosiatif yang terdiri dari uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji korelasi parsial dan simultan, uji koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Pengujian ini dilakukan dengan metode manual dan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa secara parsial current ratio (CR) tidak berpengaruh terhadap return on equity (ROE). Sedangkan debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif signifikan terhadap return on equity (ROE). Adapun secara bersamaan current ratio (CR) & debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap return on equity (ROE) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 73,5% dan 26,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Debt to Equity Ratio; Return on Equity; Indofood CBP;
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Muhammad Agfa
Date Deposited: 15 Sep 2022 05:56
Last Modified: 15 Sep 2022 05:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56580

Actions (login required)

View Item View Item