Pemahaman jamaah tentang konsep Mujahadah dalam efektivitas perencanaan dan implementasi program sosial Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) : Penelitian mengenai penerapan konsep Mujahadah kitab Riyadh Al-Shalihin di DKM Al-Islam Sirnagalih Jl. Sirnagalih No.5 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung

Algifari, Muhammad Yusuf (2022) Pemahaman jamaah tentang konsep Mujahadah dalam efektivitas perencanaan dan implementasi program sosial Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) : Penelitian mengenai penerapan konsep Mujahadah kitab Riyadh Al-Shalihin di DKM Al-Islam Sirnagalih Jl. Sirnagalih No.5 Kecamatan Soreang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (458kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah merupakan kewajiban seluruh umat manusia yang ada di belahan bumi ini untuk menyampaikan ayat-ayat Allah. Dakwah sebagai usaha untuk meningkatkan pemahaman manusia tentang keagamaan. Hal ini digunakan untuk dapat mengubah pandangan hidup manusia. Salah satu usaha untuk memberikan pemahaman tentang keagamaan yaitu melalui kegiatan kajian Kitab Riyādh Al-Shālihīn di DKM Al-Islam Sirnagalih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pemahaman keagamaan, perencanaan program DKM Al-Islam Sirnagalih, fungsi implementasi program DKM Al-Islam Sirnagalih, dan hasil mengenai pemahaman jamaah tentang konsep mujāhadah dalam efektivitas perencanaan dan implementasi program sosial dewan kemakmuran masjid (DKM) Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fungsi manajemen yang dikemukakan oleh George R. Terry. Namun, yang digunakan hanya 2 saja dari fungsi manajemen, yaitu Planning dan Actuating. Kemudian teori selanjutnya yaitu teori pemahaman keagamaan dan teori kepedulian sosial dan kegiatan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang ditujukan untuk menjelaskan gambaran kondisi di Masjid Al-Islam Sirnagalih secara luas, menyeluruh, dan mendalam tentang pemahaman jamaah tentang konsep mujāhadah dalam efektivitas perencanaan dan implementasi program sosial dewan kemakmuran masjid (DKM). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pemahaman keagamaan di Masjid Al-Islam Sirnagalih, terbagi kepada 2 hal yaitu: Pertama, adanya tingkat pluralitas pemahaman keagamaan karena terdapat kelompok masyarakat dari Nahdlatul Ulama (NU), Persatuan Islam (Persis), dan Muhammadiyah. Kedua, perbedaan pemikiran ini tidak menjadi penghalang jamaah untuk menyatu di masjid dengan adanya program-program masjid yang memperlihatkan perencanaan dan implementasi program sosial dewan kemakmuran masjid (DKM) dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah sehingga memberi kesempatan semua golongan menyatu. Program-program Masjid Al-Islam adalah masjid berdaya yang terdiri dari kegiatan makanan (Dilakukan 1 Minggu Sekali) dan kotak kebaikan (Dilakukan 1 Bulan Sekali). Dari program-program tersebut akhirnya terimplementasi oleh jamaah. Maka, terjadi peningkatan pemahaman keagamaan yang meliputi aspek Translasi, Interpretasi, dan Ekstrapolasi yang terlihat dalam pembiasaan, peneladanan, dan pemahaman yang mendasari praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan; Implementasi; Pemahaman Keagamaan; Kepedulian dan Kegiatan Sosial.
Subjects: Islam
Islam > Mosques
Islam > Other Practices
Islam > Islamic Ethics, Practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Yusuf Algifari
Date Deposited: 14 Sep 2022 08:24
Last Modified: 14 Sep 2022 08:24
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56554

Actions (login required)

View Item View Item