Solusi optimal masalah transportasi biaya tetap menggunakan metode pendekatan tangga dan metode branching

Rahayu, Nizmi Fitri (2022) Solusi optimal masalah transportasi biaya tetap menggunakan metode pendekatan tangga dan metode branching. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Seiring berkembangnya bidang industri menyebabkan masalah transportasi menjadi salah satu permasalahan penting yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam menjalankan usahanya. Salah satu kasus khusus dalam masalah transportasi adalah masalah transportasi biaya tetap, di mana pada masalah transportasi ini terdapat dua komponen biaya yaitu biaya tetap dan biaya variabel. Kesulitan yang dihadapi saat menyelesaikan permasalahan biaya tetap disebabkan oleh perilaku biaya tersebut yang tidak bergantung pada jumlah unit yang ditransportasi pada rute yang dilalui. Tujuan dari masalah transportasi adalah untuk menentukan biaya minimum transportasi (pengangkutan) dari sejumlah lokasi sumber ke sejumlah lokasi tujuan. Dalam menentukan biaya minimum atau solusi optimal dalam masalah transportasi ini, diterapkan pendekatan linear Balinski menggunakan Metode Pendekatan Tangga dan Metode Branching. Metode Pendekatan Tangga diawali dengan pembentukan tabel Balinski RTP, kemudian menarik garis untuk menutupi nilai nol hingga terbentuk tabel penjatahan, lalu dibentuk tabel alokasi, untuk memperoleh solusi optimal. Sedangkan pada Metode Branching, setelah membentuk tabel Balinski RTP dan menyelesaikannya sebagai masalah transportasi klasik, kemudian dibentuk cabang secara bertahap dengan memuat atau mengecualikan sel yang dipilih untuk mencari solusi optimal global dari masalah transportasi biaya tetap. Pada pembahasan kali ini, dilakukan studi kasus menggunakan kasus tidak seimbang berukuran 3x8. Biaya tetapnya adalah biaya sewa kendaraan dan biaya variabelnya adalah biaya bahan bakar. Hasil yang diperoleh dari Metode Pendekatan Tangga dan Metode Branching untuk studi kasus tersebut bernilai sama yaitu biaya minimum sebesar Rp 11.511.411.768.000. Dari hasil studi kasus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Metode Pendekatan Tangga dan Metode Branching dapat menyelesaikan masalah transportasi biaya tetap dengan memperoleh solusi optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Biaya Tetap; Masalah Transportasi; Solusi Optimal; Metode Pendekatan Tangga; Metode Branching
Subjects: Applied mathematics > Mathematical Optimization
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Nizmi Fitri Rahayu
Date Deposited: 14 Sep 2022 01:34
Last Modified: 14 Sep 2022 01:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56549

Actions (login required)

View Item View Item