Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli aset cryptocurrency di platform Indodax berdasarkan ijtima' ulama komisi fatwa MUI ke-7 tentang hukum cryptocurrency

Mulyana, Ricky Agung (2022) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli aset cryptocurrency di platform Indodax berdasarkan ijtima' ulama komisi fatwa MUI ke-7 tentang hukum cryptocurrency. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di bidang ekonomi terutama di bidang keuangan sekarang ini sudah sangat maju ditandai dengan munculnya cryptocurrency. Banyak masyarakat yang sudah mengenal dan melakukan jual beli cryptocurrency di Pedagang Komoditi Aset Kripto (Exchanger) salah satunya Indodax. Saat ini telah menjadi tren di masyarakat karena cryptocurrency menggunakan sistem teknologi blockchain dimana lebih terjamin kerahasiaannya karena setiap transaksi otomatis disebarkan secara peer-to-peer ke seluruh jaringan tanpa otoritas pusat. MUI mempunyai perspektif dan berijtima bahwa jual beli cryptocurrency itu harus memenuhi syarat dan rukun yang harus terpenuhi diantaranya harus memiliki unsur sil’ah, underlying asset dan terhindar dari gharar, dharar, qimar agar transaksi menjadi aman dan halal. Tujuan dalam penelitian ini yaitu berkaitan dengan (1) mekanisme jual beli cryptocurrency di platform Indodax (2) tinjauan hukum ekonomi syari’ah terhadap pelaksanaan jual beli aset cryptocurrency di platform Indodax berdasarkan ijtima ulama komisi fatwa MUI ke-7 tentang hukum cryptocurrency, Apakah jual beli cryptocurrency tersebut sah jika ditinjau sesuai syariat atau termasuk kedalam kategori jual beli yang dilarang karena syarat jual beli harus memenuhi unsur sil‘ah, underlying asset dan terhindar dari gharar, dharar, qimar agar transaksi menjadi aman dan halal. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah menganalisis apakah jual beli aset cryptocurrency di platform Indodax sudah sesuai dengan ketentuan syariat atau tidak. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ijtima ulama komisi fatwa MUI ke- 7, syarat dan rukun serta keriteria umum dan pedoman sebagai garis tunjuk oleh syariat Islam. Metode penulisan yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan data-data yang di dapat di lapangan kemudian menganalisisnya lewat kajian pustaka untuk memaparkan kesimpulan dari temuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian kepustakaan dengan mengumpulkan berbagai sumber buku maupun jurnal yang mendukung, wawancara dengan teknik deskriptif dalam penulisannya. Hasil pembahasan menunjukan bahwa (1) Mekanisme praktik jual beli cryptocurrency di platform Indodax masih belum sesuai dengan ketentuan Hukum Ekonomi Syariah dikarenakan objek jual beli berupa cryptocurrency masih belum memenuhi unsur sil’ah, dan termasuk objek gharar. (2) Adapun dari sisi underlying asset cryptocurrency ini ada beberapa coin yang memiliki underlying asset yang jelas dan adapula hanya koin meme yang tidak memiliki underlying asset.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Cryptocurrency; Hukum Ekonomi Syariah; Indodax; Jual beli
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ricky Agung Mulyana
Date Deposited: 13 Sep 2022 05:51
Last Modified: 13 Sep 2022 06:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56533

Actions (login required)

View Item View Item