Analisis pengembangan metode Weighted Opportunity Cost untuk menentukan solusi layak awal pada masalah transportasi

Syafputri, Delfi Suryani (2022) Analisis pengembangan metode Weighted Opportunity Cost untuk menentukan solusi layak awal pada masalah transportasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy

Abstract

Model Transportasi menjadi kajian yang menarik dalam perkembangan dunia industri yang berkaitan dengan pendistribusian barang dari sumber ke suatu tujuan. Banyak sekali metode dalam menyelesaikan masalah transportasi khususnya untuk menentukan solusi layak awal. Metode Weighted Opportunity Cost (WOC) merupakan metode mencari solusi layak awal pada masalah transportasi yang dirumuskan oleh Jamali, dkk dengan memperhatikan parameter biaya, persediaan dan permintaan. Seiring dengan berjalannya waktu Jamali, dkk mengembangkan metode Weighted Opportunity Cost menjadi Sequentially Updated Weighted Opportunity Cost (SUWOC) dan disempurnakan menjadi Modified Dynamically-updated Weighted Opportunity Cost (MDUWOC). Ketiga metode diatas dianalisis algoritmanya dan studi kasusnya. Langkah pertama yaitu menentukan data seimbang atau tidak, jika tidak seimbang maka ditambahkan nilai dummy 0 untuk metode WOC dan SUWOC, sedangkan metode MDUWOC dummynya adalah nilai total dari biaya transportasinya. Kemudian tentukan matriks WOC dimana nilai WOC terbesar akan dialokasikan pertama. Dalam pengalokasian, untuk metode WOC, matriks WOC bersifat statis namun pada metode SUWOC dan MDUWOC matriks WOC bersifat dinamis, lakukan pengalokasian sampai persediaan dan permintaan terpenuhi. Setelah itu menerapkannya dalam studi kasus dan dibantu juga menggunakan program agar dapat menentukan solusi layak awal lebih efektif dan efisien. Hasil analisis pada data penelitian ini menunjukan semakin besar ukuran data yang digunakan maka terlihat metode SUWOC memberikan hasil solusi layak awal yang lebih minimum dibanding metode WOC pada kasus seimbang dan MDUWOC memberikan hasil solusi layak awal yang minimum dibanding metode WOC dan SUWOC pada kasus tidak seimbang. Begitu pun sebaliknya semakin kecil ukuran data yang digunakan semakin terlihat variasi metode yang menghasilkan solusi layak awal yang minimum di antara metode WOC, SUWOC dan MDUWOC.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masalah Transportasi; Solusi Layak Awal; Metode Weighted Opportunity Cost (WOC); Metode Sequentially Updated Weighted Opportunity Cost (SUWOC); Metode Modified Dynamically-updated Weighted Opportunity Cost (MDUWOC)
Subjects: Applied mathematics > Mathematical Optimization
Applied mathematics > Programming Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika
Depositing User: Delfi Suryani Syafputri
Date Deposited: 13 Sep 2022 13:30
Last Modified: 13 Sep 2022 13:30
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56519

Actions (login required)

View Item View Item