Partisipasi petani dalam pengembangan objek wisata alam Bukit Mercury: Penelitian di Bukit Mercury Sayang Kaak Desa Tejamulya Argapura Majalengka

Mardiansyah, Adam Reza (2022) Partisipasi petani dalam pengembangan objek wisata alam Bukit Mercury: Penelitian di Bukit Mercury Sayang Kaak Desa Tejamulya Argapura Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pendapatan petani di kawasan objek wisata Bukit Mercury, petani di kawasan objek wisata Bukit Mercury Sayang Kaak melakukan Partisipasi dalam kegiatan sosial berupa tenaga, harta dan pikirannya untuk mengembangkan objek wisata Bukit Mercury Sayang Kaak dengan suatu Tindakan Sosial yang dilakukan oleh petani. Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Tindakan Rasional Instrumental petani dalam pengembangan objek wisata Bukit Mercury Sayang Kaak, (2) Tindakan Afektif petani dalam pengembangan objek wisata Bukit Mercury Sayang Kaak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Tindakan Sosial merupakan suatu makna subjektif kepada perilaku yang terbuka ataupun tertutup yang mempertimbangkan perilaku orang lain. Tindakan Sosial menurut Weber terbagi menjadi empat tipe, Tindakan Rasionalitas Instrumental, Tindakan berorientasi Nilai, Tindakan Afektif dan Tindakan Tradisional. Berdasarkan tipe Tindakan Sosial dari Max Weber, hanya dua Tindakan Sosial yang relevan dan dilakukan oleh petani di Objek Wisata Bukit Mercury yaitu Tindakan Rasionalitas Instrumental dan Tindakan Afektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan fenomena mengenai partisipasi petani dalam pengembangan objek wisata Bukit Mercury Sayang Kaak. Sumber data yang diambil yaitu data primer dan sekunder kepada para petani yang berjumlah sepuluh orang, buruh tani berjumlah tiga orang, pengelola objek wisata yang juga petani berjumlah dua orang dan pemerintah desa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini yaitu di Bukit Mercury Sayang Kaak Desa Tejamulya Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka. Temuan penelitian ini menunjukan Tindakan Sosial yang dilakukan petani, yaitu dua pertimbangan sadar yang dilakukan petani pada Tindakan Rasionalitas Instrumental yaitu partisipasi pada Sumber Daya Manusia dengan bergotong royong membangun objek wisata dan pemanfataan Sumber Daya Alam yang berkurang dalam pengembangan dengan beberapa cara rasional yang dilakukan. Tindakan Afektif yang dilakukan petani yaitu melakukan tindakan secara spontan meliputi rasa solidaritas kelompok dan persaudaraan yang tinggi dan terbentuk sejak lama yang digambarkan dengan ikut serta dalam pengembangan ketika melihat petani lain yang sedang membangun objek wisata.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Objek Wisata Alam; Tindakan Sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Role
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Adam Reza Mardiansyah
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:28
Last Modified: 13 Sep 2022 08:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56511

Actions (login required)

View Item View Item