Analisis nilai pendidikan karakter disiplin pada tema pengalamanku dalam buku tematik kelas II Sekolah Dasar : Penelitian kualitatif deskriptif analisis pada buku tematik kelas II

Lisnawati, Ina (2022) Analisis nilai pendidikan karakter disiplin pada tema pengalamanku dalam buku tematik kelas II Sekolah Dasar : Penelitian kualitatif deskriptif analisis pada buku tematik kelas II. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (141kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy

Abstract

Dalam UU RI Nomor 20 tahun 2003 tujuan pendidikan salah satunya berakhlak mulia, di mana diharapkan dapat membentuk karakter yang baik. Pada saat ini, banyak pemberitaan di masyarakat mengenai kemerosotan nilai salah satunya nilai karakter disiplin seperti malas, tidak mengerjakan tugas akibat Covid-19 yang memberlakukan kegiatan pembelajaran daring. Dengan pemanfaatan sumber belajar yang berupa buku tematik maka harus dioptimalkan penggunaannya dan apakah didalamnya sudah termuat nilai dari karakter yang dituju atau tidak, maka dari itu peneliti tertarik melakukan penelitian analisis nilai pendidikan karakter disiplin tema pengalamanku dalam buku tematik kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai pendidikan karakter disiplin yang ada pada Buku Tematik Kelas II SD/MI Tema 5 Pengalamanku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang tercakup dalam kompetensi inti, kompetensi dasar dan kegiatan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kesesuaian nilai pendidikan karakter disiplin yang ada pada Buku Tematik Kelas II SD/MI Tema 5 Pengalamanku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dengan bentuk penanaman karakter disiplin anak usia Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan atau menjelaskan secara menyeluruh hasil temuan dalam bentuk kata atau kalimat dengan menggunakan teknik analisis isi/konten. Adapun hasil analisis dari penelitian ini adalah (1) dalam Buku Tematik Kelas II SD/MI Tema 5 Pengalamanku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 telah mengembangkan nilai pendidikan karakter disiplin, baik dalam Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar dan Kegiatan Pembelajaran. Frekuensi kemunculan dalam kegiatan pembelajaran ini berbeda, kemunculan terbanyak ada pada subtema 1 dan subtema 3 sebanyak tujuh kali, kemunculan terendah ada pada subtema 2 sebanyak 5 kali. Selain itu, kemunculan dari karakter disiplin ini kebanyakan termuat dalam muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) dan Pendidikan Jasamani Olahraga dan Kesehatan (PJOK), ada juga dalam muatan Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasilan (PPkn) juga Bahasa Indonesia, tetapi tidak muncul dalam muatan Matematika (2) kesesuaian nilai pendidikan karakter disiplin pada buku terhadap bentuk penanaman karakter disiplin usia anak sekolah dasar telah sesuai, penanaman karakter tersebut disesuaikan dengan karakter dan fasenya melalui kegiatan pembiasaaan, yang mana kegiatan pembiasaan ini terbagi menjadi kegiatan rutin, keteladanan, dan kegiatan spontan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter Disiplin; Tema Pengalamanku; Buku Tematik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ina Lisnawati
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:40
Last Modified: 13 Sep 2022 08:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56483

Actions (login required)

View Item View Item