Bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur-Kuningan

Alqurbatulillah, Alqurbatulillah (2022) Bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur-Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (723kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari ditemukannya fenomena rendahnya motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur-Kuningan. Motivasi belajar santri yang rendah dapat berpengaruh terhadap keberlangsungan kehidupan dan belajar santri sehingga dapat menghambat mereka dalam mencapai tujuan. Sehingga mereka memerlukan bantuan layanan bimbingan supaya motivasi belajarnya meningkat. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar adalah bimbingan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan program, proses, dan hasil bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya Cigugur-Kuningan. Landasan pemikiran pada penelitian ini yaitu bimbingan kelompok mampu membantu individu dalam mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat mengantisipasi terjadinya masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, wawancara tertulis, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keberhasilan dalam proses bimbingan kelompok, peneliti mengajukan beberapa pertanyaan tertutup mengenai motivasi belajar untuk mengetahui tingkat motivasi belajar santri. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa bimbingan kelompok mampu meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Modern Al-Ihya ditandai dengan terdapatnya kemajuan dalam belajar; memiliki keinginan belajar, berhasil, dan berprestasi; disiplin; tidak mudah menyerah; serta memiliki harapan dan cita-cita di masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar; Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Alqurbatulillah Alqurbatulillah
Date Deposited: 13 Sep 2022 08:22
Last Modified: 13 Sep 2022 08:22
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56476

Actions (login required)

View Item View Item