Strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam meningkatkan kesadaran Muzzaki untuk berzakat : Studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung Barat

Alfiani, Rifqi Fahmi (2022) Strategi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam meningkatkan kesadaran Muzzaki untuk berzakat : Studi kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh sertiap muslim dengan harta benda yang dimiliki sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam hukum islam. kabupaten bandung barat mempunyai potensi zakat yang cukup besar, maka untuk memaksimalkan potensi tersebut harus ada pengelolaan yang baik serta strategi yang dilakukan Baznas Kabupaten Bandung Barat guna memberikan kesadaran kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran zakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). strategi yang dilakukan Baznas Kabupaten Bandung Barat dalam meningkatkan kesadaran muzakki untuk berzakat 2). mengetahui tingkat keberhasilan strategi Baznas Kabupaten Bandung Barat terhadap kesadaran muzakki untuk berzakat. Penelitian ini menggunakan kajian teori tentang kesadaran, menurut Soekanto menyatakan bahwa terdapat empat indikator tentang kesadaran yang masing-masing merupakan tahapan bagi tahapan berikutnya, antara lain pengetahuan, pemahaman, sikap dan Tindakan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder. Dengan metode penelitian ini, penulis meninjau objek penelitian secara langsung yaitu dengan meakukan observasi lapangan dan melakukan wawancara kepada ketua/staff Baznas dan melakukan dokumentasi. Lalu data sekunder seperti data-data, arsip pendukung dan buku-buku yang berkaitan dengan penlitian. Hasil dari penelitian ini adalah Baznas Kabupaten Bandung Barat telah merumuskan beberapa startegi supaya kesadaran masyarakat dapat meningkat dalam melakukan pembayaran zakat. Dengan melaksanakan strategi tersebut hasilnya cukup baik, kesadaran masyarakat terhadap zakat mulai tumbuh dibuktikan dengan adanya peningkatan penghimpunan dana zakat di Baznas Kabupaten Bandung Barat meskipun peningkatanya tidak terlalu signifikan. Strategi Baznas dalam meningkatkan kesadaran muzakki untuk berzakat di Kabupaten bandung Barat dirasa cukup berhasil. Hal ini dikarenakan dalam pengelolaan dan pelaksanaan strateginya sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh Baznas meskipun strategi-strategi tersebut masih perlu ditingkatkan supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat; strategi; kesadaran;
Subjects: Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rifqi Fahmi Alfiani
Date Deposited: 13 Sep 2022 13:38
Last Modified: 13 Sep 2022 13:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56461

Actions (login required)

View Item View Item