Evaluasi pendistribusian dana zakat produktif melalui program Ciamis Sejahtera tahun 2021 di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis

Efendi, Muhammad Rifqi (2022) Evaluasi pendistribusian dana zakat produktif melalui program Ciamis Sejahtera tahun 2021 di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan menjadi sebuah situasi dimana seseorang tidak mampu untuk mencakupi kebutuhannya baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan dalam menjalankan hidupnya. Melihat tingkat penduduk miskin di Indonesia sedangkan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Ciamis pada tahun 2019 berdasarkan hasil proyeksi tahun 2010-2020 adalah 1.195.180 Ditengah problematika ini zakat hadir menjadi sebuah ide yang solutif untuk mengurangi tingkat kemiskinan tersebut. Zakat juga menjadi sebuah ibadah yang harus di tunaikan dan disalurkan dengan sebenar-benarnya. Di Indonesia memiliki sebuah lembaga kepemerintahan yang dinamakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) salah satunya adalah BAZNAS Kabupaten Ciamis yang merupakan sebuah pecahan lembaga BAZNAS yang berada di tingkat Kecamatan. Masalah dari penelitian ini adalah bagaimana mekanisme pendistribusian dana zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Ciamis Dan rumusan masalah yang kedua yakni bagaimana upaya BAZNAS Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program Ciamis Sejahtera. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pendistribusan dana zakat produktif pada BAZNAS Kabupaten Ciamis dan untuk mengetahui upaya BAZNAS Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program Ciamis Sejahtera. Sedangkan untuk kerangka berfikir yakni membahas tentang pendistribusian dana zakat produktif yang ada pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Ciamis melalui program Ciamis Sejahtera yang mencakup dua aspek penyaluran yakni BMUK dan Qodril hasan yang dimana penyalurannya diserahkan kepada para mustahik. Menggunakan metode penelitian kualititatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Ciamis melalui program Ciamis Sejahtera yang dimana penyaluran dana zakat produktif yang pertama dilakukan melalui BMUK berupa bantuan modal usaha maupun BAZNAS Kabupaten Ciamis memiliki produk usaha yakni Z-chiken dan yang kedua melalui qodrul hasan berjalan dengan baik, dikarenakan mustahik penerima dana tersebut mengalami perkembangan sehingga mampu memiliki usaha untuk mencukupi keluarganya hingga tingkat sejahtera dengan bantuan dana zakat produktif melalui program Ciamis sejahtera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian; Zakat Produktif; Kesejahteraan mustahik; BAZNAS Kabupaten Ciamis
Subjects: Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Rifqi Efendi
Date Deposited: 13 Sep 2022 04:09
Last Modified: 13 Sep 2022 04:09
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56460

Actions (login required)

View Item View Item