Analisis pengaruh Working Capital Turnover (WCT), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Return on Assets (ROA) : Studi empiris pada perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020

Putri, Annisa Handayani (2022) Analisis pengaruh Working Capital Turnover (WCT), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Return on Assets (ROA) : Studi empiris pada perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah adanya pergerakan tingkat rasio Working Capital Turnover (WCT), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) perusahaan sektor kesehatan pada periode 2016-2020 mengalami fluktuatif dan ketidakstabilan setiap tahunnya yang diduga dapat mempengaruhi Return on Assets, serta terdapat perbedaan hasil penelitian terdahulu (research gap) dan ketidaksesuaian data dilapangan (fenomena gap) dari variabel penelitian, sehingga muncul masalah penelitian (research problem) berupa inkonsistensi pengaruh variabel terhadap Return on Assets (ROA) pada perusahaan-perusahaan sektor kesehatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menemukan bukti empiris mengenai pengaruh working capital turnover, debt to equity ratio dan current ratio terhadap return on assets secara parsial maupun secara simultan. Teori yang digunakan adalah teori sinyal, sebagai teori yang digunakan untuk mengungkapkan laporan keuangan selalu dipergunakan oleh perusahaan untuk memberi sinyal, baik negatif ataupun positif untuk pihak yang menggunakannya. Apa pun bentuk atau jenis sinyalnya, semuanya menyiratkan apa yang diharapkan perusahaan kepada pasar atau pihak eksternal untuk mengubah reputasi perusahaan. Investor selalu membutuhkan informasi yang simetris atau seimbang sebagai pemantauan ketika menginvestasikan uangnya pada perusahaan. Metodologi penelitian yang dipakai pada penelitian ini, yaitu metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis data kuantitatif dan sumber data berupa data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria yaitu; perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, tercatat di papan utama Bursa Efek Indonesia, perusahaan sektor kesehatan sub-sektor farmasi dan mengeluarkan laporan keuangan secara teratur dan lengkap dari tahun 2016 hingga 2020. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 6 perusahaan. Data penelitian ini diolah dengan menggunakan program Eviews 10.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Working Capital Turnover (WCT) dan Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA), sedangkan Current Ratio (CR) berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA) dengan arah negatif. Dari hasil analisis secara simultan diketahui bahwa Working Capital Turnover (WCT), Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return on Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: WCT; DER; CR; ROA
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Annisa Handayani Putri
Date Deposited: 12 Sep 2022 12:46
Last Modified: 12 Sep 2022 12:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56447

Actions (login required)

View Item View Item