Strategi Cyber Public Relations Polres Kabupaten Sumedang melalui media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga

Rizkiana, Ghina (2022) Strategi Cyber Public Relations Polres Kabupaten Sumedang melalui media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi komunikasi berbasis internet yang berkembang dimasyarakat saat ini telah mengubah budaya dan kebiasaan masyarakat dalam berinteraksi dan memperoleh informasi. Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh praktisi humas sebagai bagian yang berperan dalam penyebaran informasi guna membangun hubungan baik dengan publik. Humas Polres Kabupaten Sumedang mengimplementasikan strategi Cyber Public Relations melalui media sosial Instagram dalam menjalankan aktivitas PR di cyberspace. Pempublikasian berbagai informasi mengenai kegiatan dan pelayanan dilakukan humas Polres Kabupaten Sumedang pada akun @polressumedang. Penyebaran informasi yang secara aktif dilakukan pada media sosial Instagram tersebut dilakukan guna meningkatkan pandangan atau persepsi yang baik di mata publik. Hal tersebut dibuktikan dengan perkembangan dan perolehan respon positif yang dihasilkan dari akun Instagram @polressumedang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelasakan dan mendeskripsikan bagaimana strategi Cyber Public Relations Polres Kabupaten Sumedang melalui media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga dengan berlandaskan pada konsep four steps public relations yang dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom, yakni 1) fact finding, 2) perencanaan dan pemprograman, 3) tindakan dan komunikasi, 4) evaluasi. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif dengan data pendukung, yakni data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan observasi partisipasi pasif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi Cyber Public Relations Polres Kabupaten Sumedang melalui media sosial Instagram dalam upaya meningkatkan citra positif lembaga yang dilakukan bagian humas Polres Kabupaten Sumedang tersebut sesuai dengan konsep four steps public relations, yakni 1) Tahap fact finding: humas Polres Kabupaten Sumedang memperoleh data acuan konten melalui observasi lapangan dan riset informal, 2) Tahap perencanaan dan pemprograman: humas Polres Kabupaten Sumedang melakukan penetapan tujuan perencanaan, target sasaran, dan strategi dalam pengemasan konten. 3) Tahap tindakan dan komunikasi: humas Polres Kabupaten Sumedang melakukan pemilihan informasi, desain konten, jadwal posting, dan komunikasi dua arah, 4) Tahap evaluasi: humas Polres Kabupaten Sumedang melakukan pengukuran data respon/feedback pengikut dan melalui rapat berkala. Internet-based communication technology that is developing in today's society has changed the culture and habits of people in interacting and obtaining information. This is a challenge that must be faced by public relations practitioners as part of the role in disseminating information in order to build good relations with the public. The Sumedang District Police Public Relations implement the Cyber ​​Public Relations strategy through Instagram social media in carrying out PR activities in cyberspace. Publication of various information regarding activities and services is carried out by the Public Relations of the Sumedang District Police on the @polressumedang account. The dissemination of information which is actively carried out on Instagram social media is carried out in order to increase a good view or perception in the eyes of the public. This is evidenced by the development and acquisition of positive responses from the @polressumedang Instagram account. This study aims to explain and describe how the Cyber ​​Public Relations strategy of the Sumedang District Police through Instagram social media in an effort to improve the institution's positive image based on the four steps public relations concept proposed by Scott M. Cutlip, Allen H. Center and Glen M. Broom, namely 1) fact finding, 2) planning and programming, 3) action and communication, 4) evaluation. This research uses constructivism paradigm with a qualitative approach. The method used is descriptive qualitative analysis method with supporting data, namely primary data and secondary data obtained by in-depth interview data collection techniques and passive participation observation. The results of this study can be concluded that the Cyber ​​Public Relations strategy of the Sumedang District Police through Instagram social media in an effort to increase the positive image of the institution carried out by the Sumedang District Police Public Relations section is in accordance with the four steps public relations concept, namely 1) The fact finding stage: Sumedang District Police Public Relations obtaining content reference data through field observations and informal research, 2) Planning and programming stage: Sumedang District Police Public Relations determines planning goals, targets, and strategies in content packaging. 3) Action and communication stage: Public Relations of the Sumedang District Police conducts information selection, content design, posting schedule, and two-way communication, 4) Evaluation stage: Sumedang District Police Public Relations measures follower response/feedback data and through periodic meetings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations;Cyber Public Relations;Media Sosial;Citra
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions within Groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Ghina Rizkiana
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:45
Last Modified: 12 Sep 2022 08:45
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56432

Actions (login required)

View Item View Item