Pengaruh Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Vale Indonesia Tbk. periode 2012-2021

Markodinah, Novita (2022) Pengaruh Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. Vale Indonesia Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan merupakan organiasi yang mempunyai tujuan untuk memaksimalkan kekayaan atau mendapatkan laba yang maksimum. Memaksimalkan nilai perusahaan juga berati memaksimalkan kemakmuran pemegang saham. Kinerja keuangan yaitu menjadi sorotan para investor dan pemegang saham. Untuk melihat perubahan kondisi keuangan, menggambarkan pola perubahannya dan menunjukkan resiko atau peluang yang ada pada kondisi perusahaan yaitu dapat menggunakan analisis rasio keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Cash Ratio secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Vale Indonesia Tbk; mengetahui pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Vale Indonesia Tbk; mengetahui pengaruh Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return On Assets (ROA) pada PT. Vale Indonesia Tbk. Kerangka berpikir pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return On Assets (ROA), artinya apabila Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (ROA) menurun maka Return On Assets (ROA) akan meningkat begitupun sebaliknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah daa sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan PT. Vale Indonesia Tbk. periode2012-2021. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, analisis asosiatif berupa analisis regresi sederhana dan berganda, analisi korelasi pearsone product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi serta analisis uji hipotesis uji T dan uji F. adapun pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 25.0 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki pengaruh sebesar 19,1% terhadap Return On Assets (ROA). sedangkan Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan dan memiliki pengaruh sebesar 0,03% terhadap Return On Assets (ROA). kemudian Cash Ratio dan Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan tidak berpengaruh signifikan dan memiliki pengaruh 50,4% terhadap Return On Assets (ROA).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Ratio; Debt to Equity Ratio (DER); Return On Assets (ROA)
Subjects: Financial Economics, Finance > Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Novita Markodinah
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:40
Last Modified: 12 Sep 2022 08:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56426

Actions (login required)

View Item View Item