Pengaruh bacaan ayat-ayat Al-Qur'an terhadap nilai Konduktivitas listrik dan kebutuhan oksigen kimiawi pada air minum dalam kemasan

Abdillah, Ibnu Ridzky (2022) Pengaruh bacaan ayat-ayat Al-Qur'an terhadap nilai Konduktivitas listrik dan kebutuhan oksigen kimiawi pada air minum dalam kemasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisipdf.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1pdf.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur’an merupakan wahyu dari Allah kepada Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wa sallam yang didalamnya mengandung hikmah sebagai syifa (obat). Salah satu cara pengobatan yang dilakukan Rasulullah adalah dengan membacakan ayat-ayat suci al-Quran terhadap air untuk diminumkan kepada orang yang sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh bacaan ayat suci al-Quran terhadap air berkenaan dengan masalah penyembuhan ditinjau dari perubahan COD, pH, dan konduktivitas air. Penelitian telah dilakukan dengan menggunakan sampel akuades (ak) dan 4 sampel air minum dalam kemasan (Amdk), yang terdiri atas 1 Amdk memiliki kemiripan dengan akuades (Ak-Amdk 1) dan sisanya tergolong dari air minum yang bersumber air alami (Amdk 2, Amdk 3, dan Amdk 4). Semua sampel diberi perlakuan dibacakan ayat suci al-Quran, kemudian diperiksa kadar COD, pH dan konduktivitasnya sebelum dan sesudah dibacakan ayat suci al-Quran. Dari hasil perlakuan tersebut diperoleh semua sampel air mengalami penurunan COD dan kenaikan pH sementara dalam hasil pemeriksaan konduktivitas terjadi pengelompokan kenaikan konduktivtas untuk sampel berlabel “ak” dan sisanya mengalami penurunan. Berdasarkan penelusuran literatur tentang pengaruh gelombang suara terhadap air, besar kemungkinan suara bacaan al-Quran menyebabkan vibrasi terhadap molekul karbon dioksida yang terlarut dalam air sehingga menyebabkan gas CO₂ terlepas dari badan air yang berefek menurunnya COD dan naiknya pH air. Adapun terjadinya peningkatan konduktivitas pada sampel berlabel “ak” dan penurunan pada sampel sisanya, menunjukkan terjadinya penyusunan kluster-kluster air yang lebih teratur setelah dibacakan ayat suci al-Qur’an. Dari penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bacaan al-Qur’an mempengaruhi kualitas air ditinjau dari perubahan COD, pH dan konduktivitas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Air minum dalam kemasan; Parameter COD; pH; konduktivitas listrik
Subjects: Chemistry and Allied Science
Chemistry and Allied Science > Data Processing and Analysis of Chemistry
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Kimia
Depositing User: Ibnu Ridzky Abdillah
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:25
Last Modified: 12 Sep 2022 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56415

Actions (login required)

View Item View Item