Penggunaan simulasi Virtual berbasis Web (Physics Classroom) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan

Fauji, Rizki Ahmad (2022) Penggunaan simulasi Virtual berbasis Web (Physics Classroom) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan momentum, impuls, dan tumbukan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (588kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom, peningkatan hasil belajar,siswa, dan respon siswa setelah menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen dengan desain pre-experimental design jenis one group pretest-posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom, LKPD, tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dengan indikator soal berdasarkan aspek kognitif C1 sampai C4, wawancara, dan angket respon siswa. Teknik analisis data melalui analisis lembar observasi, N-Gain, uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test menggunakan SPSS, hasil LKPD, hasil wawancara, dan angket respon siswa. Hasil penelitian diperoleh persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 90% dengan interpretasi sangat baik dan peserta didik sebesar 82% dengan interpretasi baik. Peningkatan hasil belajar berdasarkan nilai pretest, posttest, dan N-Gain secara keseluruhan diperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,62 yang termasuk kategori sedang. Sedangkan berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Maka, H0 ditolak dan Ha diterima dalam hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil,belajar siswa pada pokok bahasan momentum, impuls,,dan tumbukan di,kelas,X MIPA 2 MAN 1 Majalengka setelah menggunakan simulasi virtual berbasis web physics classroom. Kemudian terdapat respon positif siswa setelah menggunakan media simulasi virtual physics classroom dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 82,4% dengan kategori sangat setuju terhadap setiap pernyataan yang terdapat pada angket respon siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; physics classroom; simulasi virtual
Subjects: Education
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rizki Ahmad Fauji
Date Deposited: 12 Sep 2022 06:37
Last Modified: 12 Sep 2022 06:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/56398

Actions (login required)

View Item View Item